Abu Erupsi Gunung Sinabung Menyebar ke Aceh, Warga Diminta Pakai Masker

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 13:46 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Kuta Rakyat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (2/3/2021). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak. ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/Lmo/foc.
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Kuta Rakyat, Naman Teran, Karo, Sumut, Selasa (2/3/2021). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)
Banda Aceh -

Gunung Sinabung mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 5 kilometer. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut debu vulkanik menyebar hingga ke Aceh.

"Bila dilihat dari foto satelit, diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang/terpapar ke Provinsi Aceh," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Zakaria Ahmad, kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Zakaria menyebut ada dua daerah terpapar debu vulkanik, yaitu Aceh Tenggara dan Aceh Selatan. BMKG mengimbau warga di daerah terdampak mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Jikapun harus keluar dari rumah, jangan lupa memakai masker, memakai kacamata, menutup tempat makanan-air untuk konsumsi," jelas Zakaria.

Sebelumnya, BPBD Karo mengatakan Gunung Sinabung mengalami erupsi pagi ini. Tinggi kolom abu mencapai 5 kilometer.

"Mulai pukul 06.42 WIB sampai sekarang telah terjadi erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter," kata Plt Kalaksa BPBD Karo Natanail Perangin Angin saat dimintai konfirmasi, Selasa (2/3).

Dia juga mengatakan ada 13 kali awan panas guguran yang terjadi. Awan panas meluncur hingga 5 km dari puncak Gunung Sinabung.

"Awan panas guguran sebanyak 13 kali sejauh 5.000 meter ke arah tenggara-timur," ucapnya.

Saksikan juga 'Gunung Api Erupsi Bersamaan, Apa Penyebabnya?':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/jbr)