Catatan Pimpinan DPR soal Setahun Corona di Indonesia

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 12:36 WIB
Sufmi Dasco Ahmad (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Sufmi Dasco Ahmad (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Hari ini tepat satu tahun virus COVID-19 melanda di Indonesia. Pimpinan DPR memberikan catatan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memaklumi jika sejak awal ada ketidaksiapan pemerintah dalam menangani pandemi. Dia menilai itu wajar karena pandemi Corona ini pertama kalinya terjadi.

"Bahwa pandemi Corona ini terjadi di seluruh dunia dan memang baru pertama kalinya terjadi di dunia, untuk itu memang dinamika yang terjadi tidak dapat dihindari, bahwa masalah ketidaksiapan, masalah ketidaksinkronan itu pasti terjadi," kata Dasco kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Namun, kini setahun berjalan, Dasco mengapresiasi langkah pemerintah. Dia menyebut pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan baik dalam penanganan pandemi.

"Namun saya apresiasi, bahwa pemerintah lambat lain mulai terbiasa untuk mengkoordinasikan semua lini," ujarnya.

Dasco mengatakan, kian kemari, penanganan pandemi memiliki kemajuan. Terutama, keberhasilan pemerintah mengadakan vaksin Corona.

"Dalam satu tahun ini kita sudah ada kemajuan dengan kerja keras sema pihak, dan juga apresiasi kepada pemerintah yang sudah bisa dengan cepat memasukkan vaksin," ucapnya.

Dia berharap vaksin akan diberikan secara merata di seluruh masyarakat RI. Jadi, di akhir tahun ini pandemi bisa melandai di Indonesia.

"Harapan kita dengan kerja keras yang terkoordinasi dengan vaksin yang suah mulai masuk kita harapkan di pertengahan 2021 sampai ke akhir ini pendemi sudah melandai di Indonesia," tuturnya.

Simak juga video 'WHO Jelaskan Alasan Kasus Baru COVID-19 Dunia Naik Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)