Dukung KLB, Marzuki Alie Siap Maju Jadi Ketum Partai Demokrat

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 11:40 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie mengaku mendapat dukungan dari para kader daerah untuk maju sebagai Caketum pada kongres di Surabaya pada bulan Mei mendatang. Marzuki mengaku mewadahi dukungan para kader dan siap maju sebagai caketum saat dijumpai di kantornya, Rabu (22/4/2015). Rachman Haryanto/detikcom.
Marzuki Alie (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Marzuki Alie mendukung kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat. Marzuki siap maju menjadi Ketua Umum (Ketum) PD menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono jika diminta dalam forum KLB.

"Ya (siap), kalau diminta saya tidak bisa menolak," kata Marzuki kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Marzuki menganggap, jika ada permintaan, itu merupakan panggilan. Dia bersedia sepanjang KLB PD memenuhi kuorum.

"Itu panggilan, sepanjang KLB kuorum," ujarnya.

Lebih lanjut Marzuki Alie belum mengetahui siapa saja yang diusulkan maju menjadi ketum dalam KLB PD. "Saya belum tahu," katanya.

Marzuki Alie merupakan satu dari 7 kader yang dipecat oleh PD. Marzuki Alie dinilai telah melanggar kode etik dan AD/ART partai terkait ucapan dan tingkah lakunya ihwal kebencian dan permusuhan kepada partai.

Sebelumnya, salah satu pendiri PD, Darmizal, mengungkap banyak kader PD menginginkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menggantikan AHY. Namun, Darmizal juga mengatakan ada nama lain yang muncul, seperti Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Gubernur Jawa Barat (Jawa Barat) Ridwan Kamil atau RK, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor, dan Ketum Partai Emas Hasnaeni.

"Beberapa nama muncul diwacanakan para kader pemilik suara, antara lain Edhie Baskoro Yudhoyono, Ridwal Kamil Gubernur Jabar, Pak Isran Noor, Gubernur Kaltim. Ada juga Hasnaeni yang sudah jadi Ketum Partai Emas," ujar Darmizal kepada wartawan, Senin (1/3/2021) malam.

"Terbanyak adalah permintaan atas Pak Moeldoko," lanjutnya.

Kendati demikian, Darmizal menilai dinamika terkait nama calon Ketum PD masih terus berkembang. Ia mengatakan panitia KLB akan mempersiapkan kongres partai secara baik dan benar.

"Namun dinamika masih berkembang, pastinya tentu akan menjadi tugas panitia kongres untuk menetapkan sesuai mekanisme kongres yang baik dan benar," ucapnya.

Simak video 'Alasan Para Pendiri Partai Demokrat Pilih Gelar KLB':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)