Hujan Deras, Pohon Pinus Tumbang Halangi Jalan Penghubung Bandung-Cirebon

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 23:31 WIB
Pohon tumbang di Sumedang dievakuasi
Pohon tumbang di Sumedang dievakuasi. (Rizal/detikcom)
Sumedang - Sebuah pohon pinus tumbang di Jalan Raya Bandung-Cirebon, lebih tepatnya di Dusun Jelekong Desa Cigendel, Kabupaten Sumedang. Akibatnya, jalan tertutup dengan batang pohon yang melintang.

Menurut Kapolsek Pamulihan Iptu A Sahidin, kronologi pohon tumbang ini berawal dari hujan deras yang mengguyur wilayah Sumedang dari sore hari sehingga tanah longsor serta menyebabkan satu pohon pinus tumbang.

"Untuk kronologis pohon tumbang ini tadi sore sekitar pukul 16.00, kurang-lebih 2 jam diguyur hujan deras yang akhirnya mengakibatkan tanah di Dusun Jelekong Desa Cigendel mengalami longsor sehingga 1 pohon pinus tumbang," kata Sahidin saat ditemui di lokasi, Senin (1/3/2021).

Pihaknya pun langsung bergerak mengevakuasi pohon tumbang ini dengan dibantu warga, TNI-Polri, dan BPBD. Sebab, pohon ini harus segera dievakuasi melihat Jalan Raya Cigendel ini merupakan jalur utama Bandung menuju Cirebon ataupun sebaliknya.

"Akhirnya secara serempak bersama-sama bergotong royong dilakukan pemotongan pohon pinus yang menghalangi arus lalu lintas," ujarnya.

Menurutnya, dalam melakukan evakuasi pohon tumbang ini juga tidak ada kendala sedikit pun berkat banyaknya unsur yang membantu dalam proses evakuasi.

"Untuk sementara evakuasi sendiri tidak ada kendala sedikitpun karena semua unsur ikut membantu evakuasi sehingga pohon yang membentang dapat langsung dipindahkan ke pinggir jalan raya," ungkapnya.

Akibat kejadian pohon tumbang ini, warga diimbau agar berhati-hati pada saat melintasi Jalan Raya Cigendel ini karena masih banyaknya pohon pinus yang sudah membentang di pinggir jalan. (rfs/rfs)