Round-Up

Geger Pemotor Terobos Ring 1 Ditendang Paspampres Akhirnya Beres

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 22:32 WIB
Perwakilan pemotor saat mendatangi Mako Paspampres (Rahmat Fathan-detikcom)
Perwakilan pemotor saat mendatangi Mako Paspampres. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pemotor yang menerobos jalan yang ditutup karena pengamanan Ring 1 di Jl Veteran III, Jakarta Pusat, meminta maaf ke Paspampres. Persoalan keduanya pun kini beres.

Pemotor ini mendatangi Mako Paspampres untuk meminta maaf. Perwakilan pemotor mengaku tak berniat merusak citra Paspampres.

"Tidak ada sedikit pun niatan kami untuk merusak citra baik Paspampres di mata publik," ujar perwakilan pemotor, Halid Damawan, di Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Senin (1/3/2021).

Halid mengaku tak berniat mengancam VVIP yang ada di Ring 1. Dia meminta maaf karena merasa mencoreng nama baik pemotor Indonesia.

"Dan juga tidak ada niatan kami untuk mengancam VVIP yang ada di area Ring 1 dan juga untuk rekan-rekan bikers, saya juga mohon maaf karena sudah mencoreng nama baik otomotif pemotor Indonesia," ucapnya.

Halid berjanji tak mengulangi kejadian tersebut. Dia juga meminta maaf terkait video viral pemotor penerobos Ring 1 ditendang Paspampres.

"Juga saya tak lupa meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena sudah membuat kegaduhan dengan adanya video yang viral tersebut," kata Halid.

"Saya dan rekan-rekan intinya tidak akan mengulangi tindakan tersebut dan juga akan berusaha lebih baik," sambungnya.

Asisten Intelijen Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Letkol Inf Wisnu Herlambang menjelaskan detik-detik pemotor yang menerobos kawasan Ring 1 Istana. Saat kejadian, para pemotor disebutnya tak mau berhenti.

Wisnu mengatakan Paspampres yang bertugas lalu melumpuhkan pemotor yang menerobos Ring 1 itu dengan cara menendang pemotor. Tindakan itu juga dikatakan diizinkan dalam aturan.

"Petugas Paspampres yang sedang melaksanakan dinas ini bisa mengeluarkan tembakan peringatan baik menggunakan amunisi karet, setelah itu bisa diambil tindakan menggunakan amunisi tajam. Karena seluruh anggota kita yang berdinas ini dipersenjatai," ucapnya.

Dia menyebut para pemotor yang menerobos Ring 1 saat itu termasuk bahaya tidak langsung. Dia mengatakan bahaya tidak langsung di Ring 1 harus segera dilumpuhkan.

Setelah permohonan maaf itu, Wisnu mengatakan insiden ini akhirnya beres. Wisnu menuturkan setelah ada pemeriksaan saat kejadian tidak ada indikasi pemotor membawa alat atau bahan yang membahayakan.

Lihat Video: Pemotor Terobos Ring 1 Minta Maaf, Paspampres Beri Wejangan

[Gambas:Video 20detik]