Detik-detik Pemotor Terobos Ring 1 hingga Ditendang Paspampres

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 15:40 WIB
Perwakilan pemotor saat mendatangi Mako Paspampres (Rahmat Fathan-detikcom)
Perwakilan pemotor saat mendatangi Mako Paspampres. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Asisten Intelijen Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Letkol Inf Wisnu Herlambang menjelaskan detik-detik pemotor yang menerobos kawasan Ring 1 Istana. Wisnu mengatakan pemotor sempat dihentikan petugas.

"Jadi apa yang dilakukan oleh saudara kita pengendara motor pada saat kejadian kemarin, itu menerobos pembatas jalan di Jalan Veteran III. Kemudian dihentikan oleh petugas yang ada di sana, namun tidak mau berhenti," kata Wisnu di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (1/3/2021).

Para pemotor disebutnya tak mau berhenti. Wisnu mengatakan Paspampres yang bertugas kemudian melumpuhkan pemotor yang menerobos Ring 1 itu dengan cara menendang pemotor.

"Sehingga diambil tindakan yang diizinkan dalam aturan adalah melumpuhkan dengan tangan kosong," ujar Wisnu.

Wisnu mengatakan saat itu Paspampres bisa saja mengeluarkan tembakan peringatan jika pemotor dianggap membahayakan. Dia mengatakan Paspampres juga diizinkan menembak pihak yang melanggar batas pengamanan.

"Petugas Paspampres yang sedang melaksanakan dinas ini bisa mengeluarkan tembakan peringatan baik menggunakan amunisi karet, setelah itu bisa diambil tindakan menggunakan amunisi tajam. Karena seluruh anggota kita yang berdinas ini dipersenjatai," ucapnya.

Dia menyebut para pemotor yang menerobos Ring 1 saat itu termasuk bahaya tidak langsung. Dia mengatakan bahaya tidak langsung di Ring 1 harus segera dilumpuhkan.

"Bahaya langsung maupun tidak langsung. Penerobosan ini merupakan pelanggaran batas Ring 1. Yaitu merupakan bahaya tidak langsung, sehingga harus segera dilumpuhkan," kata Wisnu.

Simak video 'Polisi Buru Pemotor yang Viral Terobos Ring 1-Ditendang Paspampres':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2