detikcom Do Your Magic

Kini Macet, Jl Kemukus-Lada Bakal Menjadi Kawasan Pedestrian LEZ Kota Tua

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 14:57 WIB
Macet LEZ Kota Tua, Jakarta, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Macet LEZ Kota Tua, Jakarta, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Jl Kemukus di Jakarta Barat macet bila penutupan jalan diterapkan demi zona rendah emisi (Low Emission Zone/LEZ) Kota Tua. Nantinya, Jl Kemukus dan sekitarnya memang akan menjadi kawasan khusus pejalan kaki (pedestrian).

"Jl Kemukus-Lada kawasan LEZ Kota Tua akan dibuat untuk pedestrian pejalan kaki," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat, Erwansyah, kepada detikcom, Senin (1/2/2021).

Untuk Jl Kemukus dan Jl Lada yang sampai sekarang sering macet bila ditutup untuk arus kendaraan bermotor, nantinya jalan itu bakal terlarang sama sekali untuk kendaraan bermotor selama 24 jam. Materi permukaan jalan itu juga bakal diubah.

"Nanti akan dipasang batu andesit. Nanti benar-benar tidak bisa dilalui kendaraan," kata Erwansyah.

Rencana tersebut bakal direalisasikan. Untuk saat ini, Pemprov DKI tengah menyiapkan tahapan pra-tender proyek. Secara umum, kawasan LEZ Kota Tua akan menjadi kawasan pejalan kaki.

"Sekarang sedang persiapan tender perencanaannya. Kawasan LEZ akan menjadi pedestrian," kata dia.

Sampai saat ini, Dinas Perhubungan DKI menerapkan sistem buka-tutup untuk Jl Kemukus. Penerapan penutupan jalan secara total 24 jam belum diterapkan. Untuk mengatasi kemacetan, caranya adalah dengan sosialisasi. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat mengimbau warga untuk tidak lewat LEZ Kota Tua supaya tidak menemui kemacetan.

"Kita masih buka-tutup sambil sosialisasi kepada masyarakat untuk mencari jalan alternatif. Harapan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jalan yang diberlakukan LEZ," kata dia.

Selanjutnya, pantauan terbaru: