Pospol di Depok Sudah Retak Sebelum Ambrol, Cuaca Hujan Memperparah

Matius Alfons - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 13:01 WIB
Foto diberikan oleh Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Indra Waspada
Pos Polantas di Jatijajar Depok Roboh Akibat Longsor (Dok. Istimewa)
Depok - Pos polantas di Simpang Jatijajar, Cimanggis, Depok, roboh akibat longsor. Pihak kepolisian menyebut pos polantas tersebut juga sudah dalam kondisi retak sebelumnya.

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Indra Waspada mengatakan insiden robohnya pos polantas di Jatijajar itu terjadi pada Minggu (28/2), sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya, kata dia, beberapa jam sebelum kejadian, salah satu polisi di lokasi sempat mengabarkan pos polantas dalam kondisi retak.

"Mengalami retak di bagian depan pos sekira pukul 09.50 WIB, Kanit Lantas Iptu S Edi Wasito mengecek lokasi benar adanya bahwa mengalami retak bagian depan," kata Indra dalam keterangannya, Senin (1/3/2021).

Indra menyebut, beberapa jam usai dicek oleh pihaknya, terjadi longsor. Akibat longsor, pospol lantas ikut ambrol.

"Sekitar jam tersebut di atas terjadi longsor dan pos mengalami roboh," ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Cimanggis Kompol Agus Khaeron mengungkap penyebab longsor yang terjadi di lokasi. Agus mengatakan kondisi tanah di lokasi longsor lantaran terkikis oleh air hujan.

Untuk diketahui, Kota Depok sempat diguyur hujan deras beberapa hari terakhir ini.

"Itu fondasinya kikis (longsor) oleh air hujan," ujarnya.

Berdasarkan video yang beredar, terlihat seorang petugas polisi dievakuasi oleh warga dari pinggir sungai. Tampak juga bekas robohan pos polantas berada di pinggir sungai.

Seperti diketahui, pospol di persimpangan Jatijajar, Cimanggis, Depok, ambrol akibat longsor. Kejadian ini membuat seorang polisi yang sedang berada di pospol sempat terjebak reruntuhan. (maa/mei)