MA Kembali Berduka, Mantan Hakim Agung Marina Sidabutar Meninggal Dunia

Andi Saputra - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 13:01 WIB
Marina Sidabutar
Marina Sidabutar (Foto: Dok MA)
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) kembali berduka. Setelah kemarin siang mantan hakim agung Artidjo Alkostar wafat, tidak berselang lama mantan hakim agung Marina Sidabutar juga berpulang untuk selamanya.

"Ketua dan pimpinan MA tadi pagi pukul 09.30 WIB sudah melayat ke Rumah Duka RSPAD. Ibu Marina Sidabutar adalah mantan hakim agung," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro, kepada wartawan, Senin (1/3/2021).

Marina meninggal di Rumah Sakit Fatmawati pada Minggu (28/2) pukul 16.20 WIB. Saat ini almarhum disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gedung N lantai 2. Rencananya, jenazah akan dimakamkan pada Selasa (2/3) besok di Pemakaman Keluarga TPU Kedondong Depok.

"Beliau disemayamkan sekarang di Rumah Duka Sentosa RSPAD," ujar Andi, yang juga Wakil Ketua MA bidang Yudisial.

Marina menjadi hakim agung sejak dilantik pada 14 September 2004 setelah mendapat 28 suara anggota Komisi Hukum DPR. Sebelumnya, ia adalah Wakil Ketua PTUN Medan.

Marina dilantik bersamaan dengan 13 hakim agung baru lainnya. Di antaranya Harifin Tumpa (Ketua MA 2009-2012), Djoko Sarwoto (belakangan menjadi Ketua Muda MA bidang Pidana Khusus), dan Atja Sonjaja (belakangan menjadi Ketua Muda MA bidang Perdata).

Selama di MA, Marina duduk sebagai hakim yang khusus mengadili perkara-perkara tata usaha negara (TUN). Marina purnatugas pada Februari 2016 karena memasuki usia 70 tahun. (asp/knv)