Sambut HUT Ke-60, HK Gelar Lomba Karya Jurnalistik untuk Insan Pers

Inkana Putri - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 09:04 WIB
Hutama Karya
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali menggelar Lomba Karya Jurnalistik bagi pewarta media dalam Anugerah Hutama 2021. Selain menyambut HUT ke-60 pada 29 maret mendatang, lomba juga digelar untuk mengapresiasi insan pers dalam memberitakan isu terkait pembangunan infrastruktur khususnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

PIC Lomba Karya Jurnalistik Hutama Karya, Ahmad Maulana mengatakan kali ini pihaknya mengambil tema "Menggeber Manfaat Pembangunan & Kehadiran JTTS". Pasalnya, tema tersebut sejalan dengan tugas perusahaan untuk membangun dan mengembangkan JTTS sepanjang 2.765 km hingga tahun 2024.

"Kita berharap berbagai manfaat dan juga dukungan stakeholder setempat khususnya dalam pembangunan JTTS dapat diketahui oleh masyarakat. Sehingga melalui kompetisi ini kami ingin menggandeng para pewarta media untuk mengabadikan tulisan positif maupun karya foto yang baik untuk mengekspos secara maksimal dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pembangunan JTTS ini khususnya dalam menumbuhkan geliat perekonomian dan pariwisata daerah setempat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Sebelumnya, HK juga telah menyelenggarakan Lomba Karya Jurnalistik perdana bertahun Anugerah Hutama di tahun lalu. Namun dalam lomba kali ini, Ahmad menyampaikan pihaknya telah menyiapkan empat sub tema berbeda antara lain:

1. Dukungan Stakeholder terhadap Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
2. Peran Hutama Karya di Tengah Pandemi COVID-19 dalam Menciptakan Multiplier Effect Melalui Pembangunan JTTS.
3. Jalan Tol Trans Sumatera Membangkitkan Gairah UMKM Lokal & Potensi Pariwisata Setempat.
4. Manfaat Values Capture JTTS dalam Menggerakkan Roda Perekonomian Daerah Setempat.

Lebih lanjut Ahmad menyampaikan HK juga telah menyiapkan total hadiah senilai ratusan juta rupiah untuk para pemenang. Adapun lomba kana digelar dengan periode kompetisi selama 1 bulan mulai 25 Februari - 21 Maret 2021, serta terdiri dari tiga kategori kompetisi yakni karya tulis media cetak, karya tulis media online, dan foto jurnalistik.

"Tak hanya itu di tahun ini, panitia juga menambah kategori spesial yang baru pertama kali dilaksanakan tersebut yakni Most Dedicated Journalist For Hutama Karya (Non-entry), yang penilaiannya dilakukan sepenuhnya oleh internal Hutama Karya dengan menggunakan Konsultan Media Monitoring Profesional," pungkasnya.

Dalam kompetisi ini, HK juga menggandeng Anggota Dewan Pers Ahmad Djauhar & Photo Journalist AFP Adek Berry sebagai dewan juri. Untuk informasi lengkap mengenai Lomba Karya Jurnalistik Anugerah Hutama 2021 dapat diakses melalui link berikut: bit.ly/KaryaJurnalistikHK2021

Sebagai informasi, saat ini, sistem jaringan jalan merupakan kebutuhan mendasar untuk menghubungkan masyarakat dan perniagaan dengan pekerjaan, layanan, pasar, mengurangi biaya logistik, dan merangsang pertumbuhan industri di Indonesia.

Terkait hal ini, pemerintah menempatkan konektivitas tinggi sebagai salah satu prioritas utama dengan membangun JTTS yang menghubungkan Lampung hingga Aceh dengan panjang mencapai 2.765 km dan ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2024 mendatang.

Sebagai pulau terbesar kedua dengan populasi melebihi 55 juta jiwa, Sumatra memainkan peran penting dalam perekonomian negara dan memiliki beragam potensi alam dan komoditas yang berlimpah. Oleh karena itu, seluruh pihak perlu mendukung pembangunan JTTS sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Kehadiran JTTS diharapkan akan memberikan multiplier effect untuk kemajuan dan keberlanjutan perekonomian Sumatera, yang dapat mendukung stabilitas pertumbuhan ekonomi dan perkembangan daerah sekitar.

Saksikan juga 'Serba Tahu Soal Jalan Tol dengan HK TOLL Apps':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)