Ada Karhutla, BMKG Prediksi Pontianak Kalbar Diselimuti Asap Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 08:19 WIB
Pangam XII/Tanjungpura, Mayjen Muhammad Nur Rahmad, meninjau lokasi karhutla di Kubu Raya, Kalimantan Barat, (ANTARA/HO)
Pangam XII/Tanjungpura, Mayjen M Nur Rahmad, saat cek lokasi karhutla di Kubu Raya. (ANTARA/HO)
Pontianak -

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar). Akibatnya, Pontianak diprediksi diselimuti asap hari ini.

Dilansir dari Antara, Senin (1/3/2021), karhutla terjadi di sejumlah titik wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pagdam XII/Tanjungpura Mayjen Muhammad Nur Rahmad dan Kapolda Kalbar Irjen R Sigid Tri Hardjanto telah mengecek lokasi tersebut pada Minggu (28/2).

"Kami melihat langsung kesiapan pasukan yang sudah hampir 2 minggu melaksanakan tindakan pencegahan serta penanggulangan Karhutla yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya," kata Rahmad.

Di beberapa titik, mereka juga turut memadamkan api bersama Satgas Karhutla setempat. Dia mengapresiasi petugas yang berhasil menyelamatkan aset pemerintah dari api, di antaranya gedung SMA 4 Kubu Raya, SMP 12 Sungai Raya, dan SDN 5 Sungai Raya.

"Alhamdulillah berkat kesiapan Satgas TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, Satpol PP dan komponen masyarakat lainnya ini bisa segera diatasi bahkan bisa diselamatkan. Saya kira ini suatu hal yang bagus, ini bukti bahwa TNI-Polri dan pemangku kepentingan lain selalu hadir di tengah masyarakat," katanya.

Sementara itu, Hardjanto mengingatkan masyarakat saling mendukung mencegah dan menanggulangi karhutla. Dia berharap warga tak sembarangan melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

"Itulah tujuan kita sehingga TNI dan Polri bersinergi dengan masyarakat untuk mencegah api ini menjadi besar. Ada titik api langsung kita padamkan sekaligus menyosialisasikan Peraturan Gubernur Nomor 103/2020 ini," ujarnya.

Karhutla tersebut juga memicu wilayah sekitarnya diselimuti asap. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi asap bakal menyelimuti Pontianak, Kubu Raya, Sungai Raya, dan Ketapang.

Prediksi tersebut disampaikan BMKG melalui situs resminya, bmkg.go.id. Asap diperkirakan menyelimuti wilayah tersebut pada malam dan dini hari nanti. Sementara itu, cuaca pada siang hari diprediksi cerah.

Selain itu, situs IQAir menyebut kualitas udara di Pontianak dalam kondisi tidak sehat. Berdasarkan data pukul 00.00 WIB, Senin (1/3), indeks kualitas udara Pontianak berada pada angka 163 atau tidak sehat dengan polutan utamanya adalah PM 2,5. IQAir menyebut data mereka bersumber dari 2 stasiun Indonesia Ministry of Environment and Forestry dan satu kontributor lainnya.

(haf/man)