2 Pengedar Narkoba di Samarinda Ditangkap Polisi, 1 Kg Sabu Disita

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 20:56 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom
Samarinda - Dua pengedar di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) diamankan jajaran kepolisian Polsek Samarinda Ulu, usai kepergok membawa narkoba jenis sabu seberat 1 kilogram. Kedua pelaku berinisial MR (53) dan MJ (33).

"Sabu-sabu ini rencananya akan dikirim oleh kedua pelaku ke daerah Tanjung, Provinsi Kalsel (Kalimantan Selatan)," ucap Kapolsek Samarinda Ulu, Kompol Ricky Ricardo Sibarani, melalui keterangan Kanit Reskrim Polsek Samarinda Ulu, Iptu Fahrudi saat dikonfirmasi, Minggu (28/2/2021).

Fahrudi menjelaskan pelaku diamankan saat keduanya tengah berhenti di lampu merah Jalan Harun Nafsu, Kelurahan Rapak Dalam, Kecamatan Loa Janan Ilir pada Sabtu (27/2) pukul 17.30 WIB.

"Kedua pelaku kita amankan saat berhenti di lampu merah (depan SMA Melati), saat kita geledah kita temukan barang bukti sabu sebanyak 1 kilogram lebih yang di simpan di kantong kain berwarna hijau," jelasnya.

"Total ada 32 poket yang kita amankan, 7 bungkus masing-masing 100 gram, 4 bungkus berisikan 50 gram, dan 21 bungkus berisi 5 gram," tambahnya.

Fahrudi menerangkan, penangkapan kedua pelaku berkat laporan dari masyarakat. Dalam laporan tersebut, diduga ada transaksi pengiriman sabu dari Samarinda ke wilayah Tanjung, Kalimantan Selatan.

"Kita dapatkan laporan dari masyarakat, setelah itu, kami lakukan pembuntut terhadap pelaku yang menggunakan mobil bernopol KT 1190 WO, dari jalan MT Haryono yang akan menuju Kalsel," Bebernya.

Saat ini kedua pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mapolsek Samarinda Ulu, untuk dilakukan pengembangan. Aparat kepolisian masih memburu pemasok dan calon penerima barang haram ini di wilayah Tanjung Kalsel.

"Kedua pelaku kita jerat pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) huruf a UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman 20 tahaun penjara," pungkasnya. (isa/isa)