Round-Up

Serangan Balik Marzuki Alie hingga Darmizal yang Dipecat PD

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 20:34 WIB
Enam kritik Marzuki Alie ke AHY dan SBY
Marzuki Alie (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) telah memecat sejumlah anggota yang dianggap terlibat melakukan kongres luar biasa (KLB) partai secara ilegal. Atas pemecatan tersebut, politikus senior PD Marzuki Alie dan Darmizal pun memberikan serangan.

Awalnya, isu kudeta melalui KLB PD dilontarkan secara langsung oleh Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu. Isu tersebut kemudian menyeret nama sejumlah politikus senior pendiri PD, seperti Marzuki Alie, Darmizal, hingga Jhoni Allen Marbun.

Teranyar, PD pun memutuskan memberhentikan sejumlah kader yang terbukti terlibat KLB secara ilegal terkait pengambilalihan kepemimpinan AHY. Nama-nama anggota partai yang dipecat adalah Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya.

"Sehubungan dengan desakan yang kuat dari para kader Partai Demokrat yang disampaikan oleh para ketua DPD dan ketua DPC untuk memecat para pelaku Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) secara inkonstitusional, maka DPP Partai Demokrat memutuskan memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat terhadap nama-nama berikut: Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya," kata Kepala Barkomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Jumat (26/2).

Herzaky mengatakan keenam orang tersebut dipecat karena terbukti mendiskreditkan, menghasut, mengadu domba hingga memberikan imbalan uang dan jabatan terkait ajakan KLB kepada kader hingga pengurus partai di tingkat pusat dan daerah. Mereka juga disebut melakukan komunikasi secara ilegal baik langsung dan tidak langsung terkait upaya KLB.

Selain memecat keenam anggota yang terbukti terlibat KLB, PD memecat Marzuki Alie dari keanggotaan partai. Ia dipecat secara tidak hormat oleh PD.

Marzuki Alie dipecat karena dianggap telah melakukan pelanggaran kode etik dan AD/ART partai. Khususnya, terkait ucapan dan tingkah laku Marzuki Alie yang dinilai membuat kebencian dan permusuhan kepada partai.

"DPP Partai Demokrat juga memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat kepada Marzuki Alie karena terbukti melakukan pelanggaran etika Partai Demokrat sebagaimana rekomendasi Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat," kata Herzaky.

Usai dipecat PD, Marzuki Alie dan Darmizal pun memberikan serangan terhadap PD. Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3