Rusma Yul Anwar Dilantik Jadi Bupati Pesisir Selatan Meski Kasasi Ditolak MA

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 17:13 WIB
Rusma Yul Anwar usai pelantikan
Rusma Yul Anwar usai pelantikan (Jeka Kampai/detikcom)
Padang - Rusma Yul Anwar masuk dalam daftar salah satu kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 yang telah dilantik. Ternyata, dua hari sebelum pelantikan, Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan putusan yang menolak permohonan kasasinya terkait perkara pidana khusus lingkungan.

Dikutip detikcom dari laman situs resmi MA, Sabtu (27/2/2021), majelis dalam amar putusannya menolak permohonan kasasi terdakwa Rusma Yul Anwar. Perkara itu ada dalam berkas dengan Nomor Perkara 31 K/PID.SUS-LH/2021 tersebut diputus oleh hakim Hidayat Manao, Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, dan Dr Sofyan Sitompul.

Rusma dilantik Gubernur Sumbar Mahyeldi pada Jumat (26/2) sebagai Bupati Pesisir Selatan bersamaan dengan 10 bupati/wali kota lainnya di Sumatera Barat. Sementara itu, putusan MA yang menolak kasasinya terbit pada Rabu (24/2).

Sebelum mengajukan kasasi, Rusma divonis bersalah pada tingkat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Padang. Ia terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, yaitu melakukan usaha dan kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan. Kasusnya bergulir sejak September 2019.

"Menyatakan terdakwa Drs Rusma Yul Anwar, MPd, terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana melakukan usaha dan kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan," bunyi putusan MA tersebut.

Dalam perkara tersebut, Rusma dijatuhi pidana 1 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan sekaligus diperintahkan agar terdakwa ditahan.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun. Menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 1 miliar dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan. Memerintahkan agar terdakwa ditahan," tulis catatan amar lainnya.

Namun Rusma mengajukan banding hingga ke tingkat kasasi. Dalam perjalanannya, Rusma, yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Pesisir Selatan, maju di pilkada setempat. Ia memenangi pertarungan melawan Hendrajoni, Bupati Pesisir Selatan petahana, dengan angka sangat mencolok.

Rusma Yul Anwar, yang berpasangan dengan Rudi Hariyansyah, diusung koalisi Gerindra, PAN, Perindo, Berkarya, dan PBB. Pasangan ini memperoleh 128.922 suara (57,24%), jauh di atas Bupati Petahana Hendrajoni-Hamdanus 86.074 (38,22%) dan mantan Ketua DPRD Pesisir Selatan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab yang hanya memperoleh 10.220 (4,54%).

Rusma Yul Anwar usai pelantikanRusma Yul Anwar seusai pelantikan (Jeka Kampai/detikcom)

Lihat Video: Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

[Gambas:Video 20detik]




(aud/aud)