Perampok Rumah Polisi di Sumsel yang Jadi Buron 12 Tahun Ditembak Mati

Prima Syahbana - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 11:47 WIB
intrusion of a burglar in a house inhabited
Ilustrasi perampokan (iStock)

Polisi kemudian hendak mengembangkan penyidikan untuk menangkap komplotan Kiswanto. Selain kasus perampokan rumah polisi pada 2008, tercatat komplotan Kiswanto melakukan kejahatan pada awal Maret 2013 dan komplotan inilah yang hendak diringkus oleh Polres OKU Timur.

"Tersangka menyebutkan lima nama yang terlibat dalam perkara tersebut, yakni WR sudah meninggal dunia di perkara lain, IM sedang menjalani perkara lain di Polresta Jambi, AR, RG, dan SH," bebernya.

Kiswanto pun diajak dalam pengembangan penyidikan untuk menunjukkan keberadaan rekannya, SH, pada Jumat (26/2). Namun, setiba di rumah SH, Kiswanto tiba-tiba berupaya kabur saat proses penangkapan SH.

"Pukul 09.00 WIB, petugas melakukan upaya penangkapan di rumah pelaku SH. SH berusaha melarikan diri, namun petugas, yang tidak ingin kehilangan buruannya, memberikan tindakan tegas-terukur ke arah kaki pelaku untuk menghentikan pelarian pelaku," jelasnya.

"Ketika petugas berusaha mengejar pelaku SH, tersangka KS berusaha mengambil kesempatan untuk melarikan diri dengan cara berusaha melawan dan merebut senjata api milik petugas. Petugas kami yang merasa terancam kemudian melumpuhkan tersangka KS dengan tindakan tegas dan terukur," sambung Putu.

Akibat ditembus timah panas, Kiswanto mengalami pendarahan dan tewas dalam perjalanan saat hendak dievakuasi aparat.

Halaman

(aud/aud)