Sabtu Pagi, Goweser Padati Jalur Sepeda Permanen Sudirman-Thamrin

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 08:38 WIB
Suasana di jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin, Sabtu (27/2)
Suasana di jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin, Sabtu (27/2). (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta membangun jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, sepanjang 11,2 kilometer. Hari ini terlihat pesepeda alias goweser sudah menggunakan jalur tersebut.

Pantauan detikcom, pukul 08.00 WIB, Sabtu (27/2/2021), para pesepeda sudah mulai memadati jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman depan GBK Senayan. Para pesepeda itu berasal dari berbagai kalangan, dari keluarga sampai anak muda.

Terlihat juga petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan petugas Satpol PP berjaga-jaga di lokasi. Petugas polisi pun turut hadir bersiaga untuk memastikan lalu lintas lancar.

Lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman terpantau lancar karena hari sudah memasuki akhir pekan. Para pengendara motor dan mobil antara sepeda pun rapi bergantian keluar-masuk jalur masing-masing.

Selain pesepeda, ada para enthusiast jogging hadir di trotoar jalan. Tak lepas dari itu, para masyarakat yang joging pun sedikit leluasa karena pesepeda yang menggunakan trotoar jalan sudah berkurang.

Tetapi masih ada beberapa sepeda yang menggunakan trotoar jalan sebagai tempat peristirahatan ataupun bertemu kawan.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun prasasti di area jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tujuan prasasti itu dibuat sebagai pengingat penggunaan sepeda semakin masif saat pandemi COVID-19.

"Tujuan pembuatan art work/prasasti, sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang masif digunakan oleh masyarakat pada masa pandemi COVID-19," ujar Syafrin saat dihubungi, Rabu (24/2).

Syafrin mengatakan prasasti itu akan dibangun di gedung Indofood Tower. Namun Syafrin belum menjelaskan kapan prasasti itu akan dibangun.

"Art work berlokasi di depan gedung Indofood Tower," katanya

Lihat juga Video "Pemprov DKI: Jalur Sepeda Permanen Sudirman-Thamrin Tak Gunakan APBD":

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/dkp)