Round-up

Mundurnya Eks Penasihat KPK dari Kepala Bapenda DKI Usai 5 Bulan Menjabat

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 08:32 WIB
Giliran Penasihat KPK Tsani Ikut Daftar Capim
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta -

Eks Penasihat KPK, Tsani Annafari, resmi mengundurkan diri dari posisi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta. Ia mundur setelah menjabat 5 bulan sebagai Kepala Bapenda DKI Jakarta.

Tsani Annafari resmi mengundurkan diri sejak Jumat (26/2). Terkait kinerja, Tsani mempersilakan pemeriksaan capaian target Bapenda DKI 2020.

"Saya per hari ini resmi tidak menjabat Kepala Bapenda DKI. Terkait kinerja, silakan saja diperiksa capaian target Bapenda DKI dan pelaksanaan kontrak kinerja dan capaian Kegiatan strategis daerah Bapenda 2020," kata Tsani melalui pesan singkat, Jumat (26/2/2021).

Tsani meminta masyarakat tak berspekulasi terkait keputusannya mundur dari jabatannya. Menurutnya, menjabat atau tidak sebagai Bapenda merupakan bentuk penugasan.

"Terkait mengapa saya tidak lagi menjabat sebagai Kepala Bapenda, itu tidak perlu diperdebatkan karena menjabat atau tidak menjabat semuanya adalah bentuk penugasan," sambung Tsani.

Ia menuturkan, sejak awal menjabat Kepala Bapenda DKI Jakarta, dia sudah dihadapkan pada pandemi COVID-19. Saat itu, disebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti agar target pendapatan daerah tak meleset jauh.

"Sebagai informasi, 2020 adalah tahun penuh ketidakpastian akibat pandemi COVID, sehingga sesuai arahan Gubernur perlu sikap konservatif dan kehati-hatian agar target pendapatan tidak meleset jauh karena, jika terjadi, akan menyebabkan defisit anggaran daerah yang tajam. Kebijakan pendapatan juga harus memperhatikan sisi ketahanan dan pemulihan ekonomi, jadi tidak bisa asal genjot," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2