Walkota Tangsel Airin Targetkan Vaksinasi Nakes Rampung Pekan Ini

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 22:40 WIB
Airin Rachmi Diany
Foto: Walkot Tangsel Airin Rachmi Diany (Ari Saputra)
Tangerang Selatan - Wali Kota Tangerang Selatan (Walkot Tangsel) Airin Rachmi Diany menargetkan vaksinasi COVID-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) di wilayahnya rampung pekan ini. Dengan begitu, vaksinasi kepada petugas pelayan publik di Tangsel bisa segera dilakukan.

"Per hari ini sudah dimulai, tapi terutama didahulukan bagi petugas medis yang kemarin tidak mendapatkan," ujar Airin saat ditemui di Kampung Tangguh Jaya RW 08 Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Tangsel, Jumat (26/2/2021).

Airin menjelaskan seharusnya ada 10 ribu nakes yang menerima vaksin. Namun, sejauh ini baru sekitar 9.000 nakes yang telah divaksinasi.

"Karena kan data di awal tuh kita dapat harusnya datanya 10-an ribu. Tetapi vaksin di awal kan masih kurang seribuan, sehingga kita mendahulukan dulu kepada petugas medis," ucapnya.

Dia menyampaikan vaksinasi terhadap nakes itu diharapkan rampung akhir pekan ini. Sehingga, pekan berikutnya vaksinasi untuk petugas publik dapat mulai berjalan.

"Kita selesaikan sampai dengan hari Minggu-Senin, sehingga Selasa mulai untuk yang sesuai dengan arahan Dinas Sosial Provinsi yaitu petugas publik, misalnya untuk guru, teman-teman wartawan juga nanti masuk," kata Airin.

Selain guru dan wartawan, para pedagang juga nantinya ikut menerima vaksin kategori petugas publik. Airin juga turut menyampaikan pesan kepada pedagang yang meragukan vaksinasi.

"Ya kita harap untuk mendapatkan herd immunity, harus ada kebersamaan. Yakini bahwa vaksin adalah bagian dari kita untuk melakukan pemutusan mata rantai dan untuk mencegah COVID lebih besar lagi, di samping disiplin," pungkas dia. (zak/zak)