Usai Dilantik, Bupati Lutra Laporkan Rekonstruksi Pascabanjir Bandang

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 12:55 WIB
Bupati Lutra Indah Putri Indriani usai dilantik (Hermawan/detikcom).
Bupati Lutra Indah Putri Indriani setelah dilantik. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani resmi dilantik Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah untuk jabatan periode kedua. Setelah dilantik, Indah melapor ke Nurdin mengenai progres rekonstruksi pascabanjir bandang di Lutra.

"Kita ketahui sampai hari ini memang masih menjadi PR besar, karena jalan nasional, izin Pak Gub, kami laporkan sementara dalam proses penanganan peninggian (jalanan). Mengingat elevasi Sungai Masamba masih lebih tinggi daripada elevasi jalan nasional," kata Indah setelah dilantik di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Jumat (26/2/2021).

Jalur Trans Sulawesi di wilayah Masamba, Lutra, memang sempat terputus akibat banjir bandang yang menerjang Lutra beberapa waktu lalu. Indah juga melaporkan perkembangan lain dari rekonstruksi pascabanjir bandang di Lutra, salah satunya permukiman warga.

"Pak Gubernur beserta seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk pemerintah pusat, begitu cepat merespons pada saat terjadinya banjir bandang," tuturnya.

Mengantisipasi banjir di kemudian hari, Indah menyebut Pemkab Lutra bersama Pemprov Sulsel kini tengah membangun sejumlah drainase di Kota Masamba, Lutra, yang rusak akibat banjir bandang.

"Untuk pemulihan Kota Masamba dengan waktu singkat ini kami sudah laporkan ke Pak Gubernur terkait dengan rencana pembangunan kanal dan drainase di dalam Kota Masamba. Ini salah satu solusi terjadinya genangan dalam Kota Masamba sampai hari ini," tuturnya.

Untuk diketahui, Indah bersama wakilnya, Suaib Mansyur, hari ini diambil sumpahnya dan dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Lutra. Ini merupakan periode kedua Indah sebagai Bupati Lutra.

Simak Video: 26 Februari 2021, Pemerintah Mulai Lantik Kepala Daerah Terpilih

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/jbr)