Ketua RW Ungkap Warga Tak Pernah Izinkan RM Cafe Beroperasi-Keluhkan Bising

Azhar Bagas - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 11:59 WIB
Ketua RW 04 Hj Ali Rosiani saat ditemui di depan RM Cafe yang ditutup (Foto: Azhar/detikcom)
Ketua RW 04 Hj Ali Rosiani saat ditemui di depan RM Cafe yang ditutup. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Tempat kejadian perkara (TKP) penembakan oleh Bripka CS, RM Cafe, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), sudah resmi ditutup permanen oleh Satpol PP Jakbar pagi tadi. Warga sekitar RM Cafe, yang berada di RT 012 RW 04, Cengkareng Barat, kerap mengeluhkan keberadaan kafe tersebut.

Ketua RW 04 Hj Ali Rosiani mengungkapkan, selama ini warganya tak pernah mengizinkan kafe tersebut beroperasi. Keluhan kebisingan, kata dia, pun kerap disampaikan warga.

"Kan selama ini mereka nggak ada izinnya, kita nggak mengizinkan, wilayah masyarakat RW 04 tidak mengizinkan kafe," kata Ali Rosiani saat ditemui di depan RM Cafe, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (26/2/2021).

"Kalau keluhan ada, kebisingan segala macam, kalau itu wajarlah," imbuhnya.

Ali mengatakan wilayah RW 04 ini dikenal agamis. Karena itu, warga tidak nyaman terhadap keberadaan RM Cafe, yang beroperasi hingga dini hari.

"Kita kan di daerah wilayah yang agamis, susah untuk (menerima) hal itu," kata Ali.

Polisi sita 2 dus dari RM Cafe, lokasi penembakan di Cengkareng, Jakbar usai olah TKP, Kamis (25/2/2021).RM Cafe, lokasi penembakan di Cengkareng, Jakbar, setelah olah TKP. (Karin/detikcom)

Ali juga membeberkan, sebelum RM Cafe berdiri, tempat ini merupakan toko pakaian. Setelah itu, baru diganti dengan tempat biliar, lalu kafe.

"Dulu toko pakaian disewa sama Isrudi (pemilik lama). Awalnya dia buka biliar, setelah itu dia buka kafe," ujarnya.

Lebih lanjut Ali mengatakan sudah pernah berinteraksi dengan pemilik kafe tersebut. Ali juga sudah sempat menyarankan agar kafe milik Damanik itu ditutup sementara, karena sudah ada imbauan dari pemerintah. Apalagi warga juga tidak mengizinkan keberadaan RM Cafe.

"Pernah ketemu (Damanik), ngobrol biasa-biasa saja. Cuma kemarin, sebelum ini kejadian, saya disaranin setiap ada surat imbauan dari pemerintah itu kita berikan, masalah PSBB, masalah PPKM saya berikan semua. Sampai kemarin dua minggu yang lalu saya dikasih tahu, ini kalau bisa tutup sementara waktu ini kalau bisa. Karena kita sudah ada imbauan dari masyarakat dan dari pemerintah," jelasnya.

Tonton video '7 Fakta Terkait Aksi Penembakan Bripka CS di RM Cafe Cengkareng':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)