Dilantik, Bupati Terpilih Rejang Lebong Jalur Independen Yakin Dukungan DPRD

Hery Supandi - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 11:21 WIB
Bupati-Wakil Bupati terpilih Rejang Lebong, Syamsul Effendi dan Hendra Wahyudiansyah (Foto: dok. Istimewa)
Foto: Bupati-Wakil Bupati terpilih Rejang Lebong, Syamsul Effendi dan Hendra Wahyudiansyah (Foto: dok. Istimewa)
Bengkulu - Hari ini tujuh kabupaten peserta pilkada mengikuti pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Bengkulu terpilih yang baru saja dilantik presiden Joko Widodo (Jokowi), Rohidin Mersyah.

Selain Bupati terpilih jalur partai, juga dilantik Bupati dan Wakil Bupati yang melalui jalur independen atau perseorangan (non partai). Kepala daerah terpilih yang melalui jalur independen tersebut yakni Syamsul Effendi dan Hendra Wahyudiansyah yang mengantongi 43.540 suara mengungguli tiga pasang calon lain yang menggunakan jalur partai di Pilbup Rejang Lebong.

Bupati Rejang Lebong terpilih, Syamsul Effendi mengatakan, suara yang mereka peroleh merupakan pilihan rakyat. Meski maju lewat jalur independen, dia yakin akan mendapat dukungan DPRD untuk memajukan Rejang Lebong.

"Tidak masalah kita tidak memiliki fraksi di DPRD karena saya yakin anggota DPRD akan membantu demi kemajuan dan kesejahteraan daerah," kata Syamsul saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Syamsul memastikan akan melakukan komunikasi yang baik dengan pihak DPRD untuk bisa bersama-sama ikut membangun kabupaten Rejang Lebong ke arah yang lebih baik. Dia yakin, meski bukan dari partai, DPRD akan membuka diri demi kabupaten Rejang Lebong.

"Setelah pelantikan nanti kami akan bersilahtuhrahmi dengan pihak Legislatif," jelas Syamsul.

Selain itu, Syamsul juga bicara soal keharmonisan dengan wakilnya. Dia bersama wakil bupati akan bekerja pada porsi masing-masing.

Syamsul pun menjelaskan mengapa banyak kepala daerah tidak harmonis dengan pasangannya. Sebab, menurutnya, komitmen yang mereka sepakati dari awal tidak dilaksanakan.

"Apa yang menjadi komitmen kita dari awal, itu yang akan tetap kita pertahankan, saya yakin bila komitmen kita tidak langgar maka kita akan terus harmonis," papar Syamsul.

Lihat video 'Momen Gibran Rakabuming Dilantik Jadi Wali Kota Solo':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)