Bubarkan Balap Liar di Makassar, Polisi Diserang Pakai Batu

Reinhard - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 07:44 WIB
Polisi Bubarkan Balap Liar di Makassar
Polisi Bubarkan Balap Liar di Makassar (Foto: Istimewa)
Makassar - Tim Penikam dan Patmor Polrestabes Makassar, membubarkan aksi balap liar anarkis yang digelar anggota geng motor di jalan Andi Pangerang Pettarani, kota Makassar, Sulsel. Saat melakukan pembubaran, anggota mendapatkan perlawanan dengan diserang batu oleh para pelaku.

"Tim Penikam Polrestabes Makassar bersama jajaran Patmor Polretabes Makassar melakukan pembubaran balap liar yang mana berlangsung di jalan Andi Pangerang Pettarani, pada saat dibubarkan kami sempat menemui kendala di mana pada saat beberapa anak remaja mencoba melawan petugas dengan melempari batu," ujar Katim Penikam Polrestabes Makassar, Iptu Arif Muda Busman, pada Jumat (26/2/2021).

Polisi pun langsung melakukan pengejaran hingga pelaku kocar-kacir melarikan diri. Penyisiran pun langsung dilakukan oleh polisi di sekitar TKP.

Setelah dilakukan pencarian, aparat lalu menangkap para pelaku yang melakukan pelemparan batu ke polisi. Selain itu, beberapa pelaku balap liar dan penonton juga dijaring beserta belasan motor.

"Akhirnya kami sempat mengamankan baik kendaraan maupun pelaku balap liar kendaraan yang sempat diamankan sebanyak 16 unit sekitar 30 remaja yang mana pembalap liar serta penonton balap liar tersebut kendaraan bersama barang bukti keseluruhan diserahkan ke Satlantas Polrlestabes Makassar untuk ditindaklanjuti," jelas Arif.

Arif menambahkan, motif penyerangan terhadap anggota ini juga diketahui lantaran para pelaku merasa kesal aksi balap liar dibubarkan oleh polisi.

"Jadi berdasarkan pemantauan kami pada saat dibubarkan mungkin ada rasa jengkel karena petugas sempat membubarkan balap liar, akhirnya para pelaku yang sering melakukan atau menonton balap liar melakukan perlawanan ke petugas yang melakukan pembubaran balap liar tersebut," ungkap Arif.

Sementara itu, berdasarkan pendataan yang dilakukan anggota di lapangan, para pelaku yang diamankan ini beberapa merupakan warga dari luar daerah kota Makassar. Mereka sengaja mendatangi kota Makassar di hari yang kerap terjadinya balap liar yang dilakukan oleh para anggota geng motor di jalanan.

"Adapun kejadian balap liar ini yang mana setiap malam Jumat dan malam Sabtu selalu melakukan balap liar, khususnya di jalur Andi Pangerang Pettarani, jadi mereka baik dari dalam kota Makassar maupun dari luar kota seperti dari kabupaten Barru, kabupaten Maros, Jeneponto serta Gowa sempat diamankan pada hari ini," kata Arif.

Lihat video 'Polisi Jaring 57 Motor di Makassar, Hendak Balap Liar':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)