Ini Tugas Pertama Mahyeldi-Audy Setelah Sah Jadi Gubernur-Wagub Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 00:36 WIB
Gubernur Sumbar Mahyeldi di Istana
Foto: Screenshot YouTube Sekretariat Presiden
Padang -

Pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Kamis kemarin. Usai dilantik, pasangan tersebut akan langsung menjalankan tugas.

Usai dilantik Jokowi, Audy bersama Mahyeldi langsung terbang ke Padang untuk memimpin pemerintahan Sumbar. Mereka akan melakoni sejumlah agenda di hari pertama menjabat, yakni serahterima jabatan dengan Hamdani, Pejabat (Pj) Gubernur Sumbar yang ditunjuk Kemendagri. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan melantik Bupati/Walikota di Sumatera Barat yang terpillih sebagai hasil Pilkada 2020.

"Setelah pelantikan ini kami akan serah terima jabatan dengan Pj. Kemungkinan besok akan melantik bupati dan wali kota terpilih," kata Audy kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Audy mengatakan akan ada 11 bupati dan wali kota di Sumbar yang akan dilantik dan diambil sumpah. "Ada 11 daerah yang udah konfirm. Kecuali Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan," ujar Audy.

Pasangan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Solok belum dapat dilantik karena proses sengketa masih bergulir di Mahkamah Konstitusi. Sedangkan bupati dan wakil bupati terpilih baru akan dilantik pada Maret 2021. Hal itu arena masa pemerintahan bupati 2016-2020 baru akan berakhir pada Maret mendatang.

11 kabupaten kota yang akan lebih dulu dilantik oleh Gubernur Sumbar yakni Kota Solok, Kota Bukittinggi, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Sijunjung. Kemudian Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

(man/man)