Mahyeldi Resmi Jadi Gubernur Sumbar, Hendri Septa Jabat Plt Walkot Padang

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 12:58 WIB
Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa
Hendri Septa (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Mahyeldi Ansharullah resmi menjadi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta. Wali Kota (Walkot) Padang, yang sebelumnya dijabat oleh Mahyeldi, digantikan oleh Hendri Septa dengan status Pelaksana Tugas (Plt).

"Terhitung mulai hari ini, Hendri Septa akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang. Hendri otomatis jadi Plt Wali Kota ditandai dengan surat saja, tanpa perlu pelantikan atau seremonial," kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sumbar Iqbal Ramadi Payana kepada wartawan, Kamis (25/1/2021).

Menurut Iqbal, nantinya Hendri Septa akan menjadi Wali Kota Padang definitif. Namun masih menunggu Surat Keputusan (SK) pengangkatan Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang.

Posisi sebagai Plt Wali Kota Padang bukan kali ini saja dijalani Hendri Septa. Ia pernah menjadi Plt pada masa kampanye Pilkda 2020. Saat itu, Mahyeldi, yang maju bersama Audy Joinaldy di Pilgub Sumbar, cuti untuk kampanye selama 71 hari.

Dihubungi terpisah, Hendri Septa mengaku tetap berfokus menjalankan program pemerintahan di Kota Padang sesuai dengan janji di masa kampanye bersama Mahyeldi pada 2018. Posisi Wakil Wali Kota kata Hendri diserahkan kepada partai pengusung.

"Saya hanya akan fokus pada visi-misi Mahyeldi-Hendri Septa yang kami janjikan saat kampanye dulu. Kalau untuk wakil nantinya saya serahkan kepada partai," kata Hendri.

Mahyeldi dan Hendri Septa memenangi Pilkda Padang pada 2018. Keduanya menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024. Kini Mahyeldi melepas jabatan Wali Kota Padang itu dan menjadi Gubernur Sumbar.

(lir/lir)