Gubernur Sumsel Ajak Himpunan Pengusaha Muda Garap Potensi Desa

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 21:53 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Sumsel menunjukkan aksi nyata dalam memajukan potensi desa. Adapun salah satunya dengan gencar mengajak pengusaha muda di desa untuk dapat berkompetisi dengan pengusaha di perkotaan.

Pria yang akrab disapa HD ini menjelaskan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur, perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan organisasi HIPMI. Oleh karena itu, Pemprov Sumsel mengajak HIPMI untuk menumbuhkan minat, fasilitasi, dan apresiasi bagi masyarakat yang sudah mengembangkan usahanya.

"Selama ini ada yang beranggapan jadi pengusaha sukses itu cuma milik orang-orang kota. Ini saatnya kita harus berbuat, jangan terbatas pada edukasi saja tapi harus lebih dari itu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021).

Hal tersebut ia sampaikan saat menerima audiensi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumsel, Hermansyah Mastari, di ruang Tamu Gubernur Sumsel. Terkait hal ini, HD berharap nantinya anak muda tidak lagi berpikir tentang cara menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), melainkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan atau industri baru.

"Jadi ke depan masyarakat, tidak lagi berpikir hanya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Sudah saatnya membuka cakrawala sebagai menjadi pengusaha dengan membuka lapangan kerja dan membuka daya saing untuk tumbuh dan berkembang," katanya.

Menurutnya, HIPMI merupakan organisasi yang populer dan telah banyak menghasilkan pejabat tinggi negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, kinerja HIPMI terbukti tidak hanya internal melainkan juga eksternal.

"Memang modal utama itu optimis. Pesimisme harus dibuang, saat kita mengemban amanah. Pemprov Sumsel mengapresiasi peran HIPMI salah satunya adalah menggerakkan ekonomi dengan menciptakan pengusaha-pengusaha baru dengan lapangan pekerjaan yang baru juga. Semoga akan banyak lahir pengusaha baru dari desa," paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumsel Hermansyah Mastari mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan para pengusaha muda.

Kolaborasi tersebut diharapkan dapat berdampak pada tumbuhnya sektor usaha mikro, kecil menengah agar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi yang menyerap tenaga kerja sehingga menekan jumlah pengangguran di Sumsel

"HIPMI mengharapkan berkolaborasi dengan Pemprov Sumsel, di mana banyak potensi yang luar biasa di Provinsi Sumsel, oleh sebab itu HIPMI ingin berkontribusi besar membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat untuk mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah," pungkasnya.

(akn/ega)