Vaksinasi Anggota DPR dan Keluarga Digelar Tertutup, Ada Apa?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 19:29 WIB
Vaksinasi COVID-19 mulai dilakukan kepada kelompok lansia di DKI Jakarta. Salah satu lokasi pemberian vaksin berada di Puskesmas Pondok Pinang, Jaksel.
Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 untuk anggota DPR RI dan beserta keluarga digelar di Kompleks Parlemen. Vaksinasi digelar secara tertutup di Gedung Nusantara atau yang dikenal dengan nama gedung kura-kura.

Dimulainya vaksinasi untuk anggota DPR awalnya terungkap dari video yang di-posting oleh salah seorang anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding, melalui akun Intagram pribadinya, @abdulkadirkarding, Kamis (25/2/2021). Wartawan kemudian mencoba mencari tahu di mana vaksinasi untuk anggota DPR itu digelar.

Setelah ditelusuri, ternyata vaksinasi anggota DPR digelar di lantai bawah gedung kura-kura. Awalnya wartawan dapat memasuki lokasi vaksinasi yang sempat tanpa penjagaan di pintu masuk.

Namun ternyata proses vaksinasi digelar tertutup. Wartawan yang sempat masuk ke lokasi vaksinasi diminta tak membuat berita oleh pihak Kesetjenan DPR. Foto-foto proses vaksinasi anggota DPR yang telah diambil wartawan diminta dihapus.

Wartawan yang sempat masuk ke lokasi vaksinasi bahkan dipanggil dan diminta menandatangani berita acara pemeriksaan (BAP). KTP wartawan juga difotokopi.

Sementara itu, Abdul Kadir Karding membenarkan bahwa dia bersama istri dan anaknya menjalani proses vaksinasi di DPR. Karding menjelaskan, vaksinasi untuk anggota Fraksi PKB DPR memang dijadwalkan hari ini.

"Itu (program vaksinasi) dari DPR. Di DPR itu khusus anggota sama anak-istri. Tadi jatahnya PKB sama Gerindra. Kemarin kayaknya sudah dibagi, sif-sifan," kata Karding.

Menurut Karding, semua anggota DPR akan divaksinasi. Dia menyebut anggota DPR masuk kategori pelayan publik.

"Jadi seluruh anggota DPR RI divaksin, sebagai bagian dari apa tuh, kan kategorinya DPR itu termasuk bagian dari pelayan publik ya. Semua, semua (anggota DPR divaksinasi). Jadi itu kan memang dari Kemenkes yang melakukan. Jadi itu program pemerintah," terang Karding.

Kelanjutan pernyataan Karding ada di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Presiden Jokowi Hadiri Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Awak Media':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2