Tahanan KPK Divaksinasi COVID-19 Duluan, Satgas Ungkap Alasan

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 17:57 WIB
KPK akan segera memiliki gedung baru yang kini proses pembangunannya sudah masuk ke tahap akhir. Gedung KPK yang baru, sengaja dibangun dengan warna merah putih, sebagai simbol KPK milik Indonesia. Hasan Alhabshy
Gedung KPK, Jakarta (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, mantan Menteri Sosial Juliari Batubara, dan tahanan KPK lainnya mendapatkan vaksinasi COVID-19 terlebih dahulu. Padahal tahanan KPK tidak termasuk dalam kelompok prioritas. Kok bisa?

Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasamito, memberikan penjelasan. Menurutnya, vaksinasi terhadap tahanan KPK sudah melalui pertimbangan yang matang.

"Prioritas vaksinasi menggunakan pertimbangan yang presisi dan menjunjung aspek keadilan pada prinsipnya pelaksanaan vaksinasi di KPK diberikan untuk orang-orang yang dalam kesehariannya bertugas dan berada di lingkungan KPK," kata Wiku dalam siaran langsung yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2/2021).

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku AdisasmitoJubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (Satgas Penanganan COVID-19)

Ketetapan vaksinasi terhadap tahanan KPK, jelas Wiku, juga sudah melalui pertimbangan berbasis data. Dia mengatakan sudah lebih dari 100 kasus COVID-19 ditemukan di lingkungan KPK.

"Saat ini sudah tercatat 100 lebih kasus positif COVID-19 di lingkungan KPK. Kami imbau untuk menerima prioritas vaksinasi agar menggunakan haknya secara bertanggung jawab sesuai dengan pertimbangan medis dan aspek lainnya," ungkap Wiku.

Seperti diketahui, 39 tahanan KPK telah divaksinasi virus Corona (COVID-19). Dari 39 tahanan itu, termasuk Juliari Batubara dan Edhy Prabowo, yang telah disuntik vaksin COVID-19.

"Dari total 61 orang tahanan KPK, yang telah divaksinasi berjumlah 39 orang tahanan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (24/2).

Adapun terhadap 22 tahanan lain, penyuntikan vaksinnya ditunda karena alasan kesehatan. Ali tidak merinci siapa saja yang telah dan belum divaksinasi.

Ali mengatakan KPK sebagai suatu entitas organisasi terdiri atas pegawai dan pihak lain saling berinteraksi satu sama lain. Oleh karena itu, kata Ali, vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan terhadap semua insan KPK yang berada di lingkungan KPK, termasuk para tahanan dan jurnalis yang bertugas di KPK.

"Dalam kaitan pencegahan penyebaran COVID-19 secara berkelanjutan, diperlukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan KPK," kata Ali.

"Vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan terhadap seluruh pegawai KPK dan pihak-pihak terkait lainnya yang berada di lingkungan KPK, termasuk di antaranya tentu para tahanan dan jurnalis yang bertugas di KPK," tambahnya.

Simak video 'Jokowi Ingin Tunjukan Pada Dunia Bahwa RI Terdepan Tangani Krisis':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/jbr)