Polisi Tetapkan 3 Tersangka dari 14 Kasus Karhutla di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 17:08 WIB
Sudah 2 Hari, Tim Manggala Agni Berjibaku Padamkan Karhutla di Rupat Riau
Dokumentasi Karhutla (Foto: Dok. istimewa)
Jambi -

Polda Jambi tengah menangani 14 kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat. Saat ini sudah ada 3 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Kasus karhutla yang ditangani ini dari 5 Polres di jajaran Polda Jambi, yakni Polres Muaro Jambi, Polresta Jambi, Polres Tebo, Polres Tanjabbarat dan Polres Tanjabtim. Dari kasus ini ada 3 orang tersangka yang kita amankan," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Mulia mengatakan 14 kasus itu ditangani dalam 2 bulan terakhir. Adapun rincian penanganan kasusnya adalah Polres Tebo 2 kasus, Polres Muaro Jambi 2 kasus, kemudian Polresta Jambi 1 kasus, Polres Tanjabbar 4 kasus, serta Polres Tanjabtim 5 kasus.

Sementara itu, berdasarkan data kesiapsiagaan karhutla Jambi sejak Januari hingga Februari 2021, sudah ada 5,2 hektare lahan yang terbakar. Lahan yang terbakar itu merupakan lahan kosong dari masyarakat.

"Sejauh ini dari data itu baru 5,2 hektar lahan yang terbakar terdiri dari Tebo, Batanghari, dan Tanjabtim. Namun kemarin ada juga kebakaran di Muaro Jambi tetapi sudah dapat dipadamkan, jadi artinya ada tambahan lagi seluas 0,8 hektar yang mana terbakar di kawasan Desa Kemingkin dekat kawasan PT Kharisma," kata Kalak BPBD Jambi Bachyuni Deliansyah kepada detikcom.

Bachyuni mengatakan saat ini tim gabungan TNI/Polri BPBD Jambi dan Manggala Agni sudah menggelar rapat koordinasi terkait penanganan karhutla. Rapat ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali karhutla yang cukup parah pada 2019.

"Untuk langkah awal besok ada memutuskan pasukan mitigasi bencana karhutla di wilayah Kabupaten Tanjab Timur, di kawasan daerah sadu, karena di sana sudah ada potensi kebakaran," ujar Bachyuni.

"Kita tim gabungan juga selalu fokus dalam penanganan karhutla di Jambi. Sementara untuk status karhutla masih dalam level kesiapsiagaan, tetapi sudah siap untuk siaga karhutla," sambungnya.

Bachyuni juga berharap pihak perusahaan ataupun masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar mengingat beberapa minggu ini di Jambi dalam kondisi cuaca panas.

Simak juga Video: Jokowi Ancam Copot Pejabat Jika Karhutla Tak Tertangani

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)