Giring Ganesha Kritik Anies soal Banjir Jakarta, PKS Membela

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 06:20 WIB
Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Plt Ketua Umum (Ketum) PSI Giring Ganesha mengkritik penanganan banjir oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. PKS menilai kritik yang tertuju ke Anies merupakan hal yang wajar.

"Pertama, wajar banyak kritik dan masukan bagi Mas Anies, karena kepala daerah memang bertanggung jawab," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada detikcom, Rabu (24/2/2021).

Namun, Mardani meminta partai politik tak hanya mengkritik Anies, namun juga memberikan solusi. Lebih bagus, kata Mardani, kritik itu dibangun dengan suasana dialog.

"Kedua, tugas Parpol bukan hanya memberi kritik tapi juga mengajukan usul solusi. Ketiga, bagus kalau semua membangun suasana dialog ketimbang saling kritik," ucap Mardani.

Menurut Mardani, segala kritik yang dilontarkan Giring mudah bagi Anies untuk menjawab. Jika sudah begitu, maka kritik akan hilang dengan sendirinya.

"Mudah saja bagi Mas Anies untuk menjawab. Jelaskan apa yang sudah dikerjakan Pemda DKI. Kritiknya akan redup sendiri. Saran untuk Giring, silaturahim aja ke Mas Anies dan sampaikan langsung," tuturnya.

Dalam unggahannya di Instagram, 20 Februari 2021, Giring menyebut Anies tak pernah serius mengatasi banjir di Jakarta. Dia juga meminta Anies tak melempar kesalahan ke hujan dan banjir kiriman.

"Mas Gubernur @aniesbaswedan jangan cuma melempar kesalahan pada curah hujan dan banjir kiriman. Pada banjir kemarin, status pintu air di Bogor dan Depok normal. Artinya banjir terjadi karena Mas Gubernur Anies tidak punya rencana dan cara yang jelas untuk mengatasinya," tulis Giring dilihat detikcom, Selasa (23/2/2021). Giring sudah mempersilakan detikcom mengutip.

"Selama tiga tahun terakhir Mas Anies tidak pernah serius mengatasi banjir selain itu Mas Anies terbukti tidak punya kapabilitas mengelola Jakarta. Naturalisasi sungai yang selalu digembar-gemborkan Mas Anies terbukti cuma konsep di atas kertas, tidak dikerjakan di lapangan sementara normalisasi sungai dihapuskan," sambungnya.

Menurut Giring, tak ada upaya Anies membuat Jakarta bebas dari banjir. Tak ada pengerukan sungai hingga pengecekan pompa menjelang musim hujan.

"Selain itu, menjelang musim hujan, tidak terlihat ada upaya untuk mengeruk sungai, membersihkan saluran air, dan mengecek pompa. Ketika tindakan-tindakan itu tidak dilakukan, mustahil Jakarta bebas dari banjir. Padahal anggaran DKI Jakarta lebih dari cukup untuk membiayai itu semua," tuturnya.

Simak juga video 'Wagub DKI Klaim Program Penanganan Banjir Berhasil':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)