Round-Up

Heboh Temuan Ikan Berwajah Mirip Manusia di NTT

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 05:10 WIB

Penjelasan Ahli

Ahli oseanografi dari Universitas Diponegoro (Undip), Prof Agus Hartoko, menduga hiu tersebut mengalami kerusakan genetik. Hal ini didasari kondisi hiu berwajah mirip manusia itu ditemukan dari dalam perut induknya.

"Kalau itu dari perut ikan bisa jadi kerusakan genetik. Bisa karena penyakit, parasit, pencemaran logam berat, atau kimiawi. Misal induknya makan apa yang beracun itu bisa kena ke bayinya," kata Prof Agus saat dihubungi, Rabu (24/2).

Ikan itu ditemukan nelayan dari perut hiu dewasa yang mati dan tersangkut di jaringnya. Di dalam perut induk hiu itu ditemukan dua anak hiu yang juga dalam kondisi mati. Seekor anak hiu memiliki bentuk muka seperti wajah manusia. Sementara satu anak hiu lainnya memiliki penampakan seperti ikan hiu pada umumnya.

Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Polda NTT)Ikan disimpan di stoples yang diisi cairan alkohol (dok Polda NTT)

Bentuk kepala ikan tersebut mengerucut pada bagian ujung kepalanya seperti kepala ikan hiu pada umumnya. Hanya, mata hiu yang terlihat bulat tersebut berada pada bagian bawah atau sejajar dengan mulutnya. Sebagaimana diketahui, pada umumnya mata hiu berada pada bagian samping kepala.

Prof Agus mengatakan hiu itu bisa dipastikan secara akurat jenisnya dengan melakukan pemeriksaan DNA. Namun dia menambahkan, di laut dalam banyak binatang yang belum banyak diketahui masyarakat secara umum.

"Hewan sampai kedalaman 5.000 meter itu banyak bentuk aneh. Saya punya beberapa contohnya dan bentuknya jarang dilihat karena aneh. Kalau dikaitkan dengan makhluk aneh karena kita belum banyak tahu atau melihat" kata Prof Agus.

Halaman

(jbr/idh)