6 Gajah Liar Masuk Kampung di Muba Sumsel, Warga Diimbau Waspada-Tak Melukai

Prima Syahbana - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 17:23 WIB
Lahan perkebunan dan sawah warga di Musi Banyuasin rusak setelah masuknya kawanan gajah liar (dok Polres Musi Banyuasin)
Lahan perkebunan dan sawah warga di Musi Banyuasin rusak setelah masuknya kawanan gajah liar. (dok Polres Musi Banyuasin)
Palembang -

Kawanan gajah liar yang diperkirakan berjumlah 6 ekor masuk ke perkampungan di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel). Masuknya kawanan gajah membuat masyarakat resah dan sekitar 1,5 hektare lahan pertanian di daerah tersebut rusak.

"Benar kejadiannya, ini anggota kita dari Polsek Lalan masih berada di TKP di Desa Mulya Agung, mengantisipasi apabila gajah tersebut kembali lagi," ujar Kapolres Muba, AKBP Erlin Tangjaya, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (24/2/2021).

Gajah liar itu masuk ke lahan pertanian sawah dan kebun milik warga di malam hari. Gajah masuk diketahui dari arah Sungai Sembilang P1 Lalan.

"Iya saat ini saya di TKP, diperkirakan sekitar 6 ekor. Gajah itu masuknya malam hari, Senin (22/2) sekitar pukul 22.00 WIB," kata Kapolsek Lalan Muba, Iptu Nazaruddin, saat dikonfirmasi terpisah.

Lahan perkebunan dan sawah warga di Musi Banyuasin rusak setelah masuknya kawanan gajah liar (dok Polres Musi Banyuasin)Jejak kaki masuknya kawanan gajah liar. (dok Polres Musi Banyuasin)

Menurutnya, gajah liar yang masuk area pertanian milik warga itu menyebabkan sekitar 1,5 hektare sawah dan kebun rusak. Ada juga beberapa pohon sawit yang tumbang karenanya.

"Mereka datang untuk mencari makan dan merusak sejumlah sawah dan kebun milik warga. Ada juga pohon sawit tumbang," terang Iptu Nazaruddin.

Dia menambahkan kawanan gajah liar itu sempat terlihat oleh warga, yang diduga datang dari arah Sungai Sembilang P1 Lalan.

"Kami bersama warga masyarakat akan melakukan ronda bersama untuk mengantisipasi kembalinya kawanan gajah tersebut. Di samping itu, kami pun mengimbau agar masyarakatnya tidak melukai apalagi membunuh kawanan gajah tersebut, mengingat gajah itu termasuk dalam kategori satwa yang dilindungi," jelasnya.

Tonton juga Video "Celebrity on Vacation: Naik Gajah Keliling Bukit Lembah Hijau":

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)