Petugas Dishub DKI Jaga Jalur Sepeda Permanen di Jalan Sudirman

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 16:38 WIB
Petugas Dishub menjaga jalur sepeda permanen di Jl Sudirman
Petugas Dishub menjaga jalur sepeda permanen di Jl Sudirman. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berjaga di jalur sepeda permanen, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Petugas terlihat berdiri di pembatas jalur sepeda yang telah terpasang dengan beton itu.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (24/2/2021) pukul 16.01 WIB, ada 2 petugas Dishub DKI yang berjaga. Petugas berdiri di sekitar pembatas jalur sepeda permanen dekat halte bus Gelora Bung Karno (GBK) arah Semanggi.

Petugas terlihat mengamati jalur sepeda permanen itu agar tak dilalui pemotor. Sampai sore ini, belum ada pengendara motor yang masuk ke jalur sepeda permanen.

Pemprov DKI Jakarta mulai mempermanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Begini potret pembatas jalur sepeda yang mulai terpasang.Pemprov DKI Jakarta mulai mempermanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Begini potret pembatas jalur sepeda yang mulai terpasang. (Grandyos Zafna/detikcom)

Dari pantauan sore ini, hanya ada beberapa pesepeda yang melintas di jalur permanen. Arus lalu lintas di sekitar saat ini terpantau ramai lancar. Sementara itu, ada pula pesepeda yang melintas tidak di jalur sepeda permanen.

Dihubungi terpisah, Kadishub DKI Syafrin Liputo mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan polisi. Termasuk terkait foto di media sosial yang memperlihatkan ada pemotor lawan arah di jalur sepeda.

"Kan sekarang tentu untuk lawan arah, kami bersama-sama dengan koordinasi dengan kepolisian untuk melakukan penegakan hukum," ujar Syafrin saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Syafrin mengaku pihaknya juga akan menempatkan petugas Dishub di jalur khusus sepeda Jalan Sudirman. Menurutnya, petugas kepolisian juga akan turut berada di lokasi.

"Ada nanti akan ada petugas Dishub dan rekan-rekan Polda Metro melakukan pengawasan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, pembatas jalur sepeda permanen mulai dipasang di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Namun masih ada pemotor yang lewat di jalur sepeda permanen ini.

Pemprov DKI Jakarta mulai mempermanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Begini potret pembatas jalur sepeda yang mulai terpasang.Pemprov DKI Jakarta mulai mempermanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Begini potret pembatas jalur sepeda yang mulai terpasang. (Grandyos Zafna/detikcom)

Dari pantauan pukul 12.05 WIB, pemotor itu masuk secara zigzag lewat celah di jalur sepeda permanen. Padahal, mulanya, para pemotor itu berada di jalur kendaraan.

Para pemotor tersebut masuk ke jalur sepeda permanen saat arus lalu lintas sedang ramai lancar. Para pemotor terlihat menaikkan kecepatannya saat melintas di jalur sepeda permanen.

Tak jarang pula para pemotor tersebut berhenti sejenak di sekitar jalur sepeda permanen. Saat itu, belum ada petugas yang menertibkan dan mengamankan di lokasi.

Meski pembatas sudah dipasang, belum ada rambu atau petunjuk yang menandakan itu merupakan jalur sepeda permanen. Pembatas juga belum dipasang di semua sisi Jalan Sudirman.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo sebelumnya mengatakan, rencana jalur sepeda permanen dilakukan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengguna sepeda.

"Pembangunan jalur sepeda permanen ini bertujuan antara lain menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan," ujar Syafrin melalui keterangan tertulis di situs PPID Pemprov DKI Jakarta, Jumat (5/2). (whn/imk)