Pemprov DKI Anggarkan Rp 1 Triliun untuk Penanganan Banjir Tahun 2021

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 15:37 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tahun 2021 menganggarkan dana triliunan rupiah untuk penanganan banjir. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan anggaran untuk penanganan banjir tahun ini tak kurang dari Rp 1 triliun.

"Tahun ini tidak kurang dari 1 triliun," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/2/2021).

Riza menjelaskan dana itu digunakan untuk program naturalisasi, normalisasi sungai, dan pembuatan sumur resapan. Selain itu, untuk pemeliharaan dan pengadaan pompa air hingga membuat codetan. Pembebasan lahan di area sungai, kata Riza, juga menggunakan anggaran tersebut.

"Itu menjadi program yang memang terus dikerjakan setiap tahun. Anggaran setiap tahun ada pembebasan lahan. Kemarin ada, tahun ini ada," katanya.

Menurutnya, semua program tersebut berjalan setiap tahun. Riza pun mengklaim program penanganan banjir tahun ini berhasil.

"Semua program kita laksanakan secara baik. Program normalisasi, naturalisasi, sumur resapan, peningkatan pompa stasiun, mobil, underpass semua kita buat. Bahkan juga program-program lain di antaranya, pengerukan sungai, kali, membuat waduk, situ, embung, melakukan pembuatan sodetan, termasuk membuat olakan-olakan yang di periode tahun ini banjir tahun ini berhasil dalam rangka mengurangi jumlah genangan, kawasan atau area, jumlah pengungsi, dan korban jiwa," tuturnya.

Sebelumnya, Kadis Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal juga mengatakan Pemprov DKI Jakarta menyediakan dana untuk pembebasan lahan revitalisasi beberapa sungai. Dana tersebut sebanyak Rp 1 triliun.

"Tahun lalu kan kita sudah melaksanakan sekitar, saya datanya saya ini dulu, ada Rp 340 miliar yang sudah kita selesaikan di Ciliwung dan di Sunter dan tahun ini akan ada anggaran sekitar Rp 1 triliun untuk membebaskan kali-kali itu dengan waduk-waduk," kata Yusmada di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/2).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Solusi Khusus Pemprov DKI Agar Kawasan Kemang Tak Kebanjiran

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2