Pemprov DKI Buat 2.974 Sumur Resapan Selama 2020 untuk Atasi Genangan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 17:23 WIB
Kadis SDA DKI Juaini
Kadis SDA DKI Jakarta, Juaini (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Sumber Daya Air (Kadis SDA) DKI Jakarta Juaini Jusuf mengatakan sudah 2.974 sumur resapan yang dibuat selama 2020. Sumur resapan itu dibuat untuk mengatasi genangan.

"(Sebanyak) 2.974, itu kan di 2020. Kalau 2021 sampe 2022 rencana kita tinggal 300 ribu titik dengan anggaran Rp 400 M itu yang akan kita mulai di tahun ini kemarin, kenapa lambat karena vendornya cuma dua. Nah sekarang lagi diproses vendornya itu 100 vendor ya kita harapkan banyaknya vendor jadi yang kerja banyak sehingga program kita bisa cepat kita jalankan," kata Junaini kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021).

Juaini mengklaim sumur resapan yang telah dibangun di beberapa lokasi efektif mengatasi genangan yang ada. Contohnya, lanjut Juaini, kantor Kecamatan Jatinegara yang sering kali terjadi genangan, kini tidak ada lagi.

"Sangat efektif seperti yang disampaikan oleh beberapa kasus. Ini lokasi-lokasi yang selama ini sering terjadi genangan di lokasi itu karena ada sumur resapan seperti yang dibilang seperti di depan Kantor Kecamatan Jatinegara itu, biasa ada genangan di badan jalan itu hilang itu lari ke sumur resapan itu," katanya.

"Kalau titik, titik-titik selama ini kita di lahan-lahan yang jadi aset DKI di sekolah, kantor kecamatan, puskesmas itu yang kita tanamkan," sambungnya.

Diketahui, pada Minggu (21/2) dikabarkan masih ada sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir. BPBD DKI Jakarta melaporkan sebanyak 1.722 jiwa masih bertahan di 10 titik pengungsian.

Beberapa titik di wilayah Jakarta Pusat sudah sepenuhnya surut sejak Sabtu (20/2) malam pukul 21.30 WIB. Sedangkan di wilayah lainnya masih dilaporkan ada banjir dan genangan hingga Minggu (21/2).

Pemprov DKI pun mendata ada lima orang meninggal akibat banjir. Empat diantaranya anak-anak dan seorang lainnya merupakan lansia berumur 67 tahun.

"Korban merupakan lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan. Selain itu, 4 anak-anak, terdiri dari 3 anak laki- laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat yang hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain, dan 1 anak perempuan usia 7 tahun yang tenggelam di Jakarta Barat," ungkap Plt Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/2).

Simak video 'Kepala BMKG Ungkap Anies Sudah Simulasi Sebelum Jakarta Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/man)