Diganti Anies dari Kadis SDA DKI, Juaini: Jabatan Itu Amanah

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 13:28 WIB
Kepala Dinas SDA DKI Juaini
Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merotasi sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Salah satu yang dirotasi adalah Juaini, yang semula menjabat Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Juaini kini menjabat Wakil Wali Kota Jakarta Utara, sedangkan jabatan Kadis SDA DKI kini ditempati Yusmada Faizal. Juaini mengaku rotasi tersebut merupakan hal biasa.

"Kalau itu masalah perpindahan seperti yang kemarin Pak Gubernur sampaikan, soal perpindahan tempat itu memang sudah biasa dan lumrah dalam satu organisasi. Saya nggak melihat nggak gimana-gimana," ujar Juaini saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Dia mengatakan Anies telah memberinya tugas sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Utara. Juaini bertekad menjalankan tugas itu dengan sebaik-baiknya.

"Yang jelas, Pak Gubernur ngasih tugas di Jakarta Utara, ya kita tetap dalam menjalankan tugas itu dengan sebaik-baiknya. Saya nggak punya pikiran gimana-gimana, ya alhamdulillah masih dipercaya mengemban di lokasi berbeda," ucapnya.

Menurut Juaini, jabatan yang diberikan kepadanya merupakan amanah. "Jabatan itu amanah, di mana pun ditempatkan, harus dikerjakan, karena itu titipan," katanya.

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pergantian merupakan suatu hal yang biasa di suatu instansi. Menurutnya, pergantian itu sudah dipertimbangkan secara matang.

"Ya pergantian, mutasi, rotasi, apa pun namanya dalam jabatan struktural di DKI Jakarta itu sesuatu yang biasa. Orang itu kan harus tour of duty, ada berbagai pertimbangan. Semuanya telah dipertimbangkan masak-masak, kriterianya, sesuai kompetensi, pembidangan dan visi-misi, RPJMD, dan sebagainya, biasa saja," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (23/2) malam.

Riza mengatakan, apabila ditempatkan di suatu jabatan, seseorang harus melaksanakannya dengan baik sebagai tempat berbakti. Dia juga meminta para pejabat yang diganti bisa menerima.

"Yang penting semua bisa memahami, mengerti, di mana pun kita diberi kesempatan menjabat, di situlah tempat kita berbakti, memberi kontribusi terbaik. Jadi bukan pilih-pilih jabatan. Begitu juga kalau ada yang diganti, ya diterima, nanti pada waktunya nanti akan mendapatkan tempat yang lebih baik," katanya.

Lihat juga Video: Banjir di Kelapa Gading, Dinas SDA DKI: Saluran Air Terhalang

[Gambas:Video 20detik]



(man/dwia)