Sosok Kadis SDA yang Ditunjuk Anies, Dulu Pernah Dipuji Ahok soal Semanggi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 11:27 WIB
Kadis SDA DKI Yusmada Faizal
Yusmada Faizal (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 13 pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta pada Selasa kemarin. Salah satunya adalah Yusmada Faizal.

Yusmada Faizal dipilih Anies sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menggantikan Juaini, yang mengemban jabatan Wakil Wali Kota Jakarta Utara. Nama Yusmada Faizal bukan pejabat baru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Dia pernah menjabat Kadis Binas Marga DKI Jakarta pada 2015, ketika era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Bahkan Ahok pernah memujinya karena dianggap sukses membangun simpang susun Semanggi tanpa menggunakan APBD.

Ahok mengungkapkan pujian kepada Yusmada Faizal dalam tayangan vlog-nya di kanal Youtube 'Panggil Saya BTP', yang diunggah pada Jumat (25/1/2019). Ahok berbicara saat melintasi Simpang Susun Semanggi.

"Pak Yusmada ini top ini, Kepala Bina Marga, didesak-desak, dikerjai juga. Terima kasih sama Mori juga gedung, kompensasi DP, gedung Mori kan," kata Ahok.

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Polda Metro Jaya menampilkan warna merah putih di Jakarta, Kamis (9/4/2020).Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menampilkan lampu merah putih sebagai simbol penghargaan dan apresiasi kepada tenaga medis yang terus berjuang menyelamatkan pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.Simpang Susun Semanggi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Posisi Yusmada sebagai Kadis Bina Marga DKI Jakarta bertahan hingga pertengahan 2018. Pada Kamis (5/7/2018), Gubernur Anies merotasi Yusmada untuk menduduki jabatan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Selain menduduki jabatan struktural di Pemprov DKI Jakarta, Yusmada diketahui menjabat Komisaris di PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Dilansir dari situs resmi Jakpro, Yusmada mengawali karir sebagai staf perencanaan teknis jalan pada Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta pada 1989. Hingga kini, Yusmada masih menjabat komisaris Jakpro.

Kini, Anies mempercayakan urusan air di Jakarta kepada Yusmada. Setelah dilantik menjadi Kadis Sumber Daya Air DKI, Yusmada menyampaikan beberapa program untuk mengendalikan banjir, salah satunya mengendalikan air hujan.

"Satu, kita harus mengendalikan air yang datang dari langit Jakarta, ini memang revitalisasi polder-polder air membangun polder baru. Kalau nggak salah ada 10 polder yg akan kita bangun," kata Yusmada di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Simak video 'Apresiasi Penanganan Banjir Jakarta, Anies: Sebuah Kerja Kolosal':

[Gambas:Video 20detik]


Selengkapnya soal rencana kerja Yusmada Faizal sebagai Kadis SDA DKI ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2