Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi Romi Hariyanto Mundur dari Ketua DPD PAN

ferdi almunanda - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 01:05 WIB
Romi Hariyanto saat bertemu warga di Pilkada Tanjabtim 2020
Romi Hariyanto saat bertemu warga di Pilkada Tanjabtim 2020 (Foto: dok. Istimewa)
Jambi -

Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Romi Hariyanto mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPD PAN di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Mundurnya Romi itu sebagai sinyal untuk tidak kembali ikut dalam bursa pemilihan Ketua DPD PAN di daerah Sepucuk Nipah Serumpun Nibung pada Musda nanti.

"Iya saya mundur dari ketua, saya tidak lagi memimpin DPD bahkan tidak juga masuk dalam kepengurusan. Meski begitu saya tetap kader PAN, namun enggan kembali mendaftar," kata Romi, Selasa (23/2/2021).

Mundurnya Romi dari ketua DPD PAN Tanjabtim ini kemudian dikaitkan dengan isu miring lantaran tidak sejalan dengan ketua DPW PAN Jambi yakni A. Bakri yang kini menjabat anggota DPR RI itu.

Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Romi, dia enggan menanggapi spekulasi tentang hubungannya dengan DPW PAN tersebut. Ia juga menyebutkan dengan sengaja tidak maju lagi sebagai ketua DPD PAN Tanjabtim Jambi agar DPW bisa lebih leluasa dalam membuat kebijakan.

"Meski tidak menjabat ketua, dan tidak maju lagi, yang jelas saya tetap kader PAN, dengan mundurnya saya DPW bisa leluasa ambil kebijakan," ujar Romi.

Di masa kepemimpinan Romi, partai matahari putih itu memang besar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. Bahkan Romi juga sukses membawa PAN di Pileg 2019 lalu mendapatkan kursi terbanyak yakni 17 kursi.

Karir politik Romi juga terbilang melesat tajam di PAN, selain berhasil jabat Ketua DPRD Tanjabtim selama tiga periode, Romi juga kemudian terpilih sebagai bupati pada 2016-2021 dari kursi PAN. Namun kini Romi menyatakan mundur dan tidak ingin maju kembali.

Isu ketidaknyamanan Romi di PAN juga sudah lama tersiar. Pada pemilihan Pilbup Tanjabtim 2020 lalu, Romi juga tidak maju dari PAN. Sebagai ketua DPD PAN disana ia malah memilih maju melalui jalur independen.

Sejauh ini, pendaftaran bursa ketua DPD PAN Tanjabtim juga sudah berakhir. Saat ini ada enam kandidat yang mendaftar sebagai ketua DPD PAN di Tanjabtim Jambi tersebut. Ketiga orang itu ialah Mahrup, Zila Wati dan Musabaqoh. Mereka itu adalah Legislator dari Fraksi PAN di Tanjabtim.

Sedangkan tiga lainnya mendaftar melalui DPW di Jambi, yakni Agusrama, Syahruddin dan Faisal. Bahkan Faisal juga disebut-sebut sebagai orang dekat A. Bakri. Sementara Agusrama dan Syahruddin adalah anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Tanjabtim - Tanjabbar.

"Sampai pendaftaran ini ditutup tidak ada nama Romi mendaftar, padahal kader PAN masih menghendaki Romi maju, namun ia menyatakan tidak maju," ujar Ketua Penjaringan Musda PAN Tanjabtim, Firmansyah Ayusda kepada wartawan.

(eva/eva)