Golkar Yakin Masih Diminati Rakyat, Singgung Sukses 120-an Pilkada

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 15:27 WIB
Wasekjen Partai Golkar Maman Abdurahman (Gibran-detikcom)
Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurahman (Gibran/detikcom)
Jakarta -

Elektabilitas Partai Golkar di survei Litbang Kompas terjun bebas. Partai Golkar yakin masih diminati rakyat merujuk kepada hasil pilkada yang lalu.

"Hasil pilkada terakhir, kemarin Partai Golkar pemenang sekitar 60 persen dari 270 daerah di mana ada sekitar 120-an kepala daerah yang asli kader Partai Golkar, baik itu kepala daerah atau wakil kepala daerah. Itu menunjukkan strategi dan minat masyarakat masih cukup bagus kepada Golkar," kata Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurahman kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Maman menyebut banyak hal yang harus didalami dari hasil survei Litbang Kompas karena faktor undecided voters yang masih sangat tinggi dan sangat berbeda signifikan hasil lembaga lembaga-lembaga lainnya. Maman mengungkit hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis berdekatan, Golkar meraup kurang-lebih 10 persen.

"Artinya hasil survei tersebut masih sangat perlu dipertanyakan. Namun terlepas dari itu, ya, cukup kita jadikan sebagai bahan evaluasi saja," ucap Maman.

Maman menyatakan Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto akan terus berfokus pada penguatan struktur sampai ke tingkat akar rumput dengan melakukan modernisasi sistem kepartaian. Golkar juga akan fokus menuntaskan program-program prorakyat yang sedang disiapkan untuk mengatasi situasi pandemi sesuai dengan doktrin partai, 'Karya Kekaryaan'.

"Yaitu bekerja nyata untuk rakyat seperti yang selama ini konsisten dilakukan oleh ketua umum kami sebagai Menko Perekonomian yang selalu fokus dan konsisten mencari solusi nyata mengatasi dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi," ucap Maman.

Berikut ini hasil survei elektabilitas parpol versi Litbang Kompas pada Januari 2021:

PDIP: 19,7%
Gerindra: 9,6%
PKB: 5,5%
PKS: 5,4%
Demokrat: 4,6%
Golkar: 3,4%
NasDem: 1,7%
PAN: 0,8%
Perindo: 0,6%
PPP: 0,5%
Berkarya: 0,4%
Hanura: 0,2%
PSI: 0,2%
Garuda: 0,1%
PBB: 0,0%
PKPI: 0,0%
Tidak tahu/rahasia/golput: 47,3%

Tonton Video: Golkar Klaim Rajai Pilkada 2020, Menangi 61,11% Suara

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)