Pemerintah Belum Buka Opsi Vaksinasi COVID-19 Lansia Door to Door

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 18:11 WIB
Sejumlah lansia di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, tampak antusias mengikuti vaksin COVID-19.
Ilustrasi lansia saat menjalani vaksinasi COVID-19. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah belum membuka opsi dilakukan vaksinasi COVID-19 bagi lansia secara door to door. Vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilakukan melalui 2 cara ini.

"Untuk saat ini vaksinasi hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan, baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit. Pemerintah juga terus melakukan sosialisasi program vaksinasi bagi lansia melalui berbagai media," ujar Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di saluran YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2/2021). Wiku menjawab pertanyaan apakah mungkin vaksinasi door to door dilakukan.

Mekanisme pertama adalah vaksinasi COVID-19 lansia di fasilitas kesehatan, seperti puskesmas ataupun rumah sakit pemerintah. Lansia yang ingin mendaftar bisa mengakses situs Kementerian Kesehatan.

"Program vaksinasi bagi lansia dilalui 2 mekanisme. Pertama, melalui fasilitas kesehatan, baik itu puskesmas atau rumah sakit pemerintah, dan metode ini lansia cukup daftar di website Kementerian Kesehatan," ujar Wiku.

Mekanisme kedua adalah vaksinasi COVID-19 yang disediakan instansi atau organisasi. Ini adalah vaksinasi massal.

"Metode kedua melalui program vaksinasi massal oleh organisasi dan instansi. Untuk metode kedua ini, organisasi atau instansi dapat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia," kata Wiku.

"Apabila ditemukan kendala, maka dapat menghubungi Kementerian Kesehatan di nomor 119 ekstensi 9," jelasnya.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelumnya mengajak para lanjut usia menjalani vaksinasi COVID-19. Ma'ruf Amin, yang baru saja divaksinasi, mengaku tidak merasakan apa-apa dan berharap tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

"Saya ajak semua yang sebangsa dengan sayalah, yang serumpun dengan saya, yang usianya udah cukup lanjut, saya di atas 70 ini saya kira ternyata vaksin ini insyaallah tidak menimbulkan efek apa-apa," kata Ma'ruf usai menjalani vaksinasi COVID-19 di kediamannya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, dalam video yang diterima detikcom, Rabu (17/2).

Simak video 'Soal Vaksinasi Lansia, Kemenkes: Tidak Ada KIPI yang Signifikan':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/zak)