Viral Warga Berkerumun Lamar Kerja ke Damkar Makassar, Ini Penjelasan Kadis

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 17:36 WIB
Foto viral di media sosial kerumunan pelamar kerja di Damkar Makassar (dok. Istimewa).
Foto viral di media sosial kerumunan pelamar kerja di Damkar Makassar. (dok. Istimewa)
Makassar -

Viral di media sosial foto warga berkerumun di kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar untuk melamar kerja. Plt Kadis Damkar Makassar Elo Dewanta menjelaskan duduk perkara karena warga berkerumun di kantornya.

"Saya jelaskan, memang tadi hari ini ada yang mendaftar sekitar 600 orang (melamar) sebagai petugas Damkar. Tapi karena kondisinya hujan deras, mereka yang awalnya berpencar, masuk lari merapat ke dalam (kantor)," kata Plt Kadis Damkar Makassar Elo Dewata saat dimintai konfirmasi, Selasa (23/2/2021).

Elo mengungkapkan pihaknya telah melakukan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dalam perekrutan tenaga kontrak di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar. Setiap pelamar yang datang diwajibkan menjaga jarak, mencuci tangan, hingga mengukur suhu tubuh.

"Selama proses penerimaan formulir, kita wajibkan pakai masker, cuci tangan, bahkan ukur suhu tubuh. Orang yang tidak pakai masker saya suruh tinggalkan ini tempat," jelasnya.

"Kita juga sudah semprot semua tempat tempat yang tadi ditempati (pelamar), tidak mungkin kita melanggar, karena kita ini yang selalu ingatkan protokol kesehatan," tambahnya.

Elo menuding ada oknum yang sengaja membuat viral foto kerumunan di Damkar Makassar tanpa mengetahui sebab pastinya.

"Memang ada yang sengaja cari kesalahan dan memviralkan begini kegiatan," ucapnya.

(nvl/nvl)