Anies Lantik 13 Pejabat, Dhany Sukma Walkot Jakpus-Ali Maulana Walkot Jakut

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 17:12 WIB
Balai Kota DKI Jakarta
Balai Kota DKI Jakarta (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Ali Maulana Hakim menjadi Wali Kota Jakarta Utara dan Dhany Sukma sebagai Wali Kota Jakarta Pusat. Total ada 13 pejabat DKI yang dilantik hari ini.

Pelantikan digelar pada Selasa (23/2/2021) pukul 13.00 WIB. Dalam acara tersebut, Anies mengambil sumpah jabatan 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan pengukuhan Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Anies berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik harus membawa kebaruan dalam program kerjanya. Dia mengajak jajarannya saling bekerja sama.

"Saat ini, kita harus memikirkan suatu kebaruan akan dibawakan di tempat yang baru, lalu siapkan langkah untuk benar-benar membawa kebaruan. Sejauh ini, ada tantangan yang tidak kecil dan itu sedang kita hadapi bersama sama. Kita sama-sama menghadapi musim hujan, khusus kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air yang telah ada pengalaman, jika sudah mendapatkan amanat, untuk segera mengorganisir kekuatan kita dalam menanggulangi musim penghujan. Segera pastikan pengelolaan kita di sana berjalan dengan sebaik-baiknya," ujar Anies melalui keterangan tertulis.

Salah satu pejabat yang dilantik, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, mengatakan mendapat pesan dari Anies untuk menyelesaikan program strategis. Namun dia tidak memerinci apa saja program strategis itu.

"Iya, Pak Gubernur berpesan kepada pejabat-pejabat yang dilantik hari ini terutama kepada saya gitu ya. Pertama, kita prioritas dengan kegiatan strategis daerah sebagai tindak lanjut dari visi-misi. Itu menjadi beberapa rincian target kegiatan wilayah yang diharapkan apabila kita hanya mencapai target itu standar, jadi kita diharapkan melampaui target. Jadi setiap beberapa target yang ditentukan di rincian kegiatan dari KSD (kerja sama daerah), itu diharapkan melampaui target," kata Ali.

"Kemudian terkait dengan pandemi COVID-19 tetap menjadi prioritas dan khususnya di Jakarta Utara, di mana kita masih dalam musim penghujan untuk antisipasi musim hujan ini bencana-bencana tetap waspada dan menggalang semua stakeholder dengan bentuk kolaborasi," sambungnya.

Pelantikan itu merujuk pada dasar hukum SK Kepala BKN Nomor 3/KEP/2021, SK KASN Nomor B-836/KASN/02/2021 dan B-874/KASN/02/2021, SK DPRD Provinsi DKI Jakarta Nomor 1184/-071.82/2020 dan Nomor 76/-071.82/202, serta Kepgub Provinsi DKI Jakarta Nomor 1184/-071.82/2020 dan Nomor 76/-071.82/2021.

Berikut 13 pejabat yang dilantik Anies hari ini:

1. Julia Leli Kurniatri, sebagai Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta
2. Sigit Wijatmoko, sebagai Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
3. Afan Adriansyah Idris, sebagai Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
4. Syaefuloh Hidayat, sebagai Inspektur Provinsi DKI Jakarta
5. Dhany Sukma, sebagai Wali Kota Jakarta Pusat
6. Ali Maulana Hakim, sebagai Wali Kota Jakarta Utara
7. Maria Qibtya, sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta
8. Yusmada Faizal, sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
9. Premi Lasari, sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
10. Chaidir, sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
11. Juaini, sebagai Wakil Walikota Jakarta Utara
12. Bayu Meghantara, sebagai Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta
13. lin Mutmainnah, sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat

(man/idn)