Kemensos Beri Santunan ke Keluarga Korban Jiwa Akibat Banjir di Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 14:49 WIB
Tim Kemensos beri santunan ke keluarga Arjuna (Karin/detikcom)
Foto: Tim Kemensos beri santunan ke keluarga Arjuna (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan santunan kepada salah satu korban terdampak banjir, yaitu keluarga dari almarhum Arjuna. Diketahui Arjuna, bocah 7 tahun meninggal akibat tenggelam saat banjir di Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Pantauan detikcom pada pukul 13.58 WIB perwakilan dari Kemensos Simon dan beberapa orang lainnya mengunjungi rumah dari almarhum keluarga Arjuna. Lokasi rumah keluarga Arjuna ini di wilayah Basmol, Kembangan Utara, Jakarta Barat.

"Kami atas perwakilan Kemensos mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga," ujar Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Simon kepada pihak Keluarga, Selasa (23/2/2021).

Bantuan ini merupakan program dari Kementerian Sosial sebagai dana duka untuk keluarga korban bencana alam. Santunan yang diberikan Kemensos kepada pihak keluarga ini sebesar Rp 15 Juta.

"Ini ada sedikit bantuan memang nggak banyak sebesar 15 juta untuk keluarga. Ini dana duka ya," kata Simon.

Santunan ini diberikan langsung kepada ahli waris dari korban meninggal akibat bencana alam.

"Ini dari Kementerian Sosial ya ini ada bantuan stimulan namanya BSPS. Nah di dalam BSPS itu ada namanya bantuan ahli waris untuk korban bencana alam sebesar Rp 15 juta diberikan kepada ahli waris langsung," jelas Simon.

"Baik itu dari pembukaan rekening pribadi maupun rekening ahli warisnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat bertakziah ke rumah almarhum Arjuna di Kembangan Utara, Jakarta Barat, kemarin (22/2). Anies menyebut pihaknya akan memberikan santunan kepada keluarga almarhum Arjuna.

"Barusan saya dan Pak Wagub takziah ke orang tua almarhum Arjuna berusia 7 tahun, keluarga Bapak Beni, Arjuna ini adalah satu dari empat anak-anak yang wafat pada saat terjadi hujan ekstrem dan muncul genangan banjir di beberapa kawasan di Jakarta," kata Anies kepada wartawan di Kembangan Utara, Jakarta Barat, Senin (22/2/2021).

"Ada (santunan). Nanti kita berikan dari dinas sosial," imbuh Anies.

Anies melaporkan data korban jiwa akibat banjir. Anies juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya lima warga DKI akibat banjir.

"Kita berdukacita bahwa ada korban meninggal jumlahnya lima orang, dan empat dari lima orang ini adalah anak anak usia 7 tahun, 11, 13 tahun. Mereka meninggal saat bermain di air yang kemudian ada arus, yang kemudian ada yang terpeleset dan lain lain," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/2).

Simak juga Video: Mensos Risma Beri Santunan 9 Ahli Waris Korban Longsor Nganjuk

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)