Parkour di Flyover Kemayoran Sudah Disiapkan Matang, Fansa: Jangan Tiru!

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 11:27 WIB
Screenhot video dan foto-foto diambil dari IG marhaenis_fansa. Pria bernama Fansa itu sudah memberikan izin untuk diambil screenshot video saat beraksi
Aksi Marhaenis Fansa seusai parkour dari atas flyover Kemayoran, Jakarta Pusat. (Dok. Istimewa/screenshot video)
Jakarta -

Aksi parkour Marhaenis Fansa dari atas flyover Kemayoran, Jakarta Pusat, viral di media sosial. Fansa mengaku sudah mempersiapkan diri secara matang untuk melakukan olahraga ekstrem tersebut.

Fansa meminta maaf jika aksinya itu sudah menimbulkan kontroversi. Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak meniru adegan berbahaya tersebut.

"Untuk orang awam, kalau dari saya bakal minta maaf kalau di mata kalian ada salahnya. Tapi, kalau kalian ini jangan dicoba di rumah," kata Fansa saat dihubungi detikcom, Senin (23/2/2021) malam.

Fansa tidak bermaksud untuk mengajak masyarakat meniru aksinya itu. Tetapi ia mengaku terbuka jika ada masyarakat yang ikut gabung dengan komunitasnya untuk berlatih kemampuan parkour.

"Kalau kalian mau gitu, coba ikut komunitasnya, latihan dulu. Saya nggak ajak coba itu, (tapi) kalau mau tahu rahasianya latihan dulu. Kalau tempatnya nggak seperti yang saya lakukan, di tempat yang sudah diizinkan dan aman, kita support, kita jaga," tuturnya.

Fansa mengaku sudah berlatih parkour sejak 2016. Ia tertantang untuk melakukan olahraga ekstrem dengan melompat dari ketinggian. Sejak itu ia berlatih memaksimalkan skill-nya, dari tempat paling rendah hingga tempat yang paling ekstrem.

"Parkour aktif dari 2016. Dari kecil sering main lompat dari tempat tinggi, dari SD saya anaknya pendiam, nggak punya teman, tapi nggak bisa diam. Sering lompat-lompat, tapi parkour yang benernya ada teknik di 2016, itu ada pengajarnya sampai bisa latihan sendiri berproses," jelasnya.

Ia terus berlatih untuk mengasah kemampuannya. Sampai akhirnya pada 2018 Fansa memiliki keinginan untuk melakukan parkour dari tempat yang lebih tinggi. Tapi dia tidak serta-merta melakukannya, melainkan terus mengasah kemampuannya sembari mempersiapkan diri secara fisik dan mental.

"Untuk ini (yang di flyover Kemayoran), saya waktu itu diajak temen bikin video 'gue rekamin', dia sebagai videografis, oh boleh, gue ajakin di sini (flyover Kemayoran). Aku yang ajakin buat di spot itu dan aku kayak ngebuletin tekad 2021 ini, sebelumnya saya sudah lakukan di beberapa tempat sebelumnya, nggak di situ doang, ada di taman, tembok, yang non-public space tempat nggak rame gitu loh," katanya.

Simak selengkapnya aksi parkour Fansa, di halaman selanjutnya

Tonton juga Video: Olahraga Parkour Ala Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2