Tentang Munfarid dan Sholat Sunnah yang Bisa Dilakukan Sendiri

Tim hikmah detikcom - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 10:44 WIB
AI HamduLillah thanks to God of Islam, Arabic alphabet and Koran in hand - holy book of Muslims ( public item of all muslims )
Foto: Getty Images/iStockphoto/meen_na/Tentang Munfarid dan Sholat Sunnah yang Bisa Dilakukan Sendiri
Jakarta -

Di dalam agama Islam dikenal istilah Munfarid yang artinya sendirian. Dalam sholat, munfarid adalah sholat yang dilakukan sendiri, tidak ada imam atau makmum.

Beberapa ibadah sholat sunnah dilaksanakan secara sendirian. Meski ada beberapa amalan sholat sunnah yang bisa dilaksanakan secara berjamaah. Misalnya sholat tarawih, dan sholat witir.

Sementara untuk sholat fardhu sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Sebab melaksanakan sholat berjamaah termasuk amalan utama. Berikut Manfaat Sholat Berjamaah dikutip dari buku 5 Langkah Jitu Munajat Magnet Rezeki oleh Muhammad Syafie el-Bantanie:


1. Pahala

Salah satu bentuk keberkahan hidup adalah rezeki yang berkah dan melimpah.

Melaksanakan sholat dengan berjemaah akan memperoleh pahala dua puluh derajat.

Sementara melakukan sholat sendirian atau munfarid hanya memperoleh satu derajat.


Rasulullah SAW bersabda, "Sholat berjemaah itu lebih utama daripada sholat sendirian (munfarid)dengan keutamaan dua puluh derajat pahalanya)." (HR Bukhari dan Muslim).


Jika dalam sehari semalam kita menunaikan sholat fardhu lima waktu, maka orang yang melakukan sholat dengan berjemaaah akan memperoleh pahala 135 derajat.

Sedangkan, orang yang melakukan shalat munfarid hanya memperoleh pahala 5 derajat. Jika demikian, tentunya kita memilih melakukan shalat berjemaah daripada shalat munfarid.

2. Sholat Berjemaah Nilainya 25 Sholat Munfarid


Melaksanakan satu sholat fardhu secara berjamaah sama nilainya dengan 25 sholat munfarid.

Jika dalam sehari semalam kita melaksanakan sholat fardhu lima waktu dengan berjamaah, maka sholat kita sama nilainya dengan 125 sholat munfarid.

Abu Hurairah RA berkata, "Rasulullah SAW telah berwasiat kepadaku, 'Hai Abu Hurairah, sholatlah dengan berjemaah meskipun engkau lakukan dengan duduk. Karena Allah memberikan kepadamu setiap satu sholat berjemaah berpahala dua puluh lima sholat yang dilakukan tanpa berjamaah. (HR Bukhari).

3. Mendatangkan Kebaikan, Menghapus Kejelekan dan Mengangkat Derajat

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa sholat berjamaah, maka Allah mencatat baginya sepuluh kebaikan dan menghapus darinya sepuluh kejelekan saat saat berangkat dan pulang (sholat berjamaah), serta mengangkat baginya sepuluh derajat." (HR Bukhari).

Mengingat manfaat di atas, karena itu sholat baik itu sholat wajib dan sunnah lebih baik dilakukan berjamaah.

Berikut macam-macam pelaksanaan sholat sunnah secara berjamaah dan munfarid dilansir buku Cendikia Kemenag:

A. Sholat Sunnah yang Dilakukan Berjamaah

1. Idul Fitri
2. Idul Adha
3. Istisqa


B. Sholat Sunnah yang Dilaksanakan Berjamaah dan Munfarid

1. Tarawih
2. Witir
3. Dhuha
4. Tahajud
5. Tasbih

C. Sholat Sunnah yang Dilaksanakan Munfarid

1. Rawatib
2. Istikharah
3. Tahiyat Masjid

(nwy/erd)