Garuda Indonesia Pastikan 10 Armada Boeing 777-300ER Laik Terbang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 21:34 WIB
Dirut Garuda Irfan Setiaputra
Irfan Setiaputra (Wirsad Hafiz/20detik)
Jakarta -

Garuda Indonesia memastikan 10 armada Boeing 777-300ER yang dioperasikan memenuhi kriteria laik (memenuhi persyaratan) untuk terbang. Itu didasari ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Garuda juga menanggapi terkait insiden dengan indikasi kegagalan fan blade engine pada pesawat Boeing dengan tipe B777-200 di beberapa maskapai penerbangan dunia. Garuda menyatakan pesawat tersebut berbeda dengan jenis armada B777 yang dioperasikan Garuda.

Tipe B777-300ER pada dasarnya memiliki spesifikasi engine yang berbeda. Pesawat B777-300 ER, yang saat ini dioperasikan Garuda Indonesia, menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric.

"Sebagai antisipasi, Garuda Indonesia juga telah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada B777-300ER. Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan layak terbang. Hasil inspeksi tersebut juga telah kami sampaikan kepada DKPPU," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Selain menjalankan prosedur inspeksi menyeluruh, Garuda menerapkan mekanisme perawatan secara berlapis dan end to end kepada seluruh pesawat. Garuda menegaskan selalu mengedepankan komitmen safety sebagai prioritas utama dalam seluruh lini operasionalnya.

"Upaya menyeluruh dan berlapis yang kami terapkan dalam menjalankan prosedur inspeksi dan perawatan armada secara komprehensif tersebut, dilakukan guna memastikan pesawat yang diterbangkan telah memenuhi standard kelaikudaraan sesuai regulasi yang berlaku, serta guna menghadirkan layangan penerbangan yang aman dan nyaman kepada pelanggan setia Garuda Indonesia," ujar Irfan.

Sebelumnya diberitakan, Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (AS) atau FAA meningkatkan inspeksi terhadap pesawat jenis Boeing 777 setelah insiden terbakarnya mesin pesawat United Airlines yang mengudara ke Hawaii pada Sabtu (20/2) waktu setempat.

Seperti dilansir CNN, Senin (22/2), Administrator FAA, Steve Dickson, menyatakan bahwa peningkatan inspeksi dilakukan terhadap pesawat jenis Boeing 777 yang dilengkapi mesin Pratt & Whitney PW4000. Beberapa pesawat jenis tersebut, kata Dickson, akan di-grounded dari layanan.

"Kami meninjau semua data keselamatan yang tersedia setelah insiden kemarin," ucap Dickson, merujuk pada insiden pesawat maskapai United Airlines tersebut.

Diketahui bahwa pesawat Boeing 777-200 yang dioperasikan United Airlines dalam penerbangan rute Denver-Honolulu mengalami insiden salah satu mesin terbakar di udara sesaat usai lepas landas pada Sabtu (20/2) waktu setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2