Belanda Selidiki Jatuhnya Puing Mesin Boeing 747 yang Terbakar di Udara

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 15:29 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
Ilustrasi (dok. Getty Images/Maja Hitij)
Amsterdam -

Otoritas Belanda menyelidiki insiden jatuhnya puing-puing mesin pesawat kargo jenis Boeing 747-400 yang terbakar di udara saat terbang ke New York, Amerika Serikat (AS). Salah satu korban luka yang terkena puing mesin pesawat yang jatuh itu merupakan anak-anak.

Seperti dilansir DutchNews.nl dan Flightglobal.com, Senin (22/2/2021), pesawat kargo itu mengalami masalah mesin dan kehilangan beberapa serpihan logam dari mesinnya yang terbakar di udara sesaat usai lepas landas dari Bandara Maastricht Aachen pada Sabtu (20/2) sore waktu setempat.

Pesawat kargo itu mengalihkan penerbangannya dan mendarat darurat di Bandara Liege, Belgia. Pesawat kargo itu dimiliki oleh maskapai khusus charter, Longtail Aviation, yang berbasis di Bermuda.

Puing-puing mesin pesawat yang terbakar itu jatuh ke area permukiman di Limburg, Meerssen dan dilaporkan melukai seorang wanita dan seorang anak laki-laki. Puing yang jatuh juga merusak beberapa mobil dan rumah warga.

"Dua orang mengalami luka ringan. Salah satu dari mereka dibawa ke rumah sakit. Beberapa mobil dan rumah rusak," tutur badan koordinasi keselamatan Veiligheidsregio untuk wilayah Limburg Selatan.

Saksi mata menuturkan bahwa mereka mendengar suara ledakan keras di udara dan melihat kobaran api keluar dari salah satu mesin pesawat di sebelah kiri. Saat serpihan logam berjatuhan dari udara, warga yang ada di darat berlari untuk mencari tempat perlindungan.

Beberapa puing yang jatuh dilaporkan masih panas saat mencapai daratan. Beberapa puing jatuh di distrik Sint Josephstraat, Meerssen, yang terletak di antara kota tersebut dan Bandara Maastricht.

Kepolisian Bandara Maastricht dan Badan Keselamatan Belanda, OVV, telah membuka penyelidikan terhadap insiden itu. Pihak OVV secara khusus menyatakan telah memulai 'penyelidikan eksplorasi' terhadap insiden di Meerssen tersebut.

Simak video 'AS dan Jepang Larang Terbang Boeing 777':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2