Taspen Raih Sederet Penghargaan di 2020, Ini Daftarnya

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 17:07 WIB
Taspen
Foto: Dok. Taspen
Jakarta -

Sepanjang tahun 2020, PT Taspen (Persero) meraih deretan penghargaan dari beragam kategori, mulai dari keuangan, inovasi layanan, Sumber Daya Manusia, CSR hingga keterbukaan informasi publik.

BUMN yang mengelola Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Aparatur Sipil Negara ini berupaya memberikan kinerja terbaiknya, meski di tengah pandemi COVID-19. Hal ini guna memberikan kemudahan bagi para peserta.

Berdasarkan keterangan tertulis Taspen (22/2/2021), salah satu penghargaan yang pernah diterima adalah TOP Corporate Social Responsibility of The Year 2020 dengan kategori Special Award for COVID-19 Handling Activities. Anugerah tersebut diberikan atas kontribusi Taspen dalam menanggulangi dan memutus rantai penyebaran virus Corona melalui program CSR-nya.

Taspen menyalurkan bantuan berupa ribuan alat rapid test, Alat Pelindung Diri (APD), safety goggles, thermogun, hand sanitizer, masker medis dan kain, disinfektan hingga paket sembako, serta melakukan penggalangan dana bagi tenaga medis dan masyarakat, dengan menggandeng kitabisa.com.

Tidak hanya itu, Taspen juga meraih peringkat credit rating idAAA Stable Outlook dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), yang merupakan peringkat tertinggi bagi perusahaan yang mencatatkan kesehatan keuangan terbaik. Hal tersebut menjadi wujud implementasi strategi dan kebijakan Taspen dalam menjalankan operasional yang prima, serta menerapkan investasi secara prudent dan aman.

Selain itu, Taspen kembali meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif, pada penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 dari Komisi Informasi Pusat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi kepada Badan Publik, dalam penerapan Undang-Undang 14 tahun 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik.

Diraihnya kembali penghargaan ini selama 5 tahun berturut-turut merupakan wujud nyata Taspen dalam mengimplementasikan Undang-Undang Keterbukaan Informasi dengan baik, dan transparan pada bisnis yang dikelola.

Lebih lanjut, Taspen juga menerima penghargaan TOP Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020 yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo.


Adapun program ini merupakan integrasi dari berbagai inovasi yang diinisiasi oleh TASPEN guna memberikan pelayanan yang berorientasi penuh pada kepuasan peserta yang responsif, dan didukung dengan penerapan teknologi terkini. Taspen terus mengembangkan layanan proaktif berbasis teknologi, yang dianggap mampu menjawab kebutuhan peserta.

Ada pula penghargaan Good Corporate Governance (GCG) Award 2020 yang diraih TASPEN untuk kategori 'Indonesia The Most Trusted Companies'. Anugerah GCG Award tersebut menjadi wujud kesungguhan TASPEN dalam meningkatkan kualitas penerapan prinsip-prinsip GCG.

Dengan diraihnya berbagai penghargaan tersebut, Taspen akan terus menciptakan inovasi berkelanjutan dan meningkatkan kinerja yang unggul demi mempermudah serta meningkatkan kesejahteraan peserta.

(akd/ega)