Gagal Curi Ayam, Yaya Incar Motor tapi Aksinya Digagalkan Korban

Prima Syahbana - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 15:41 WIB
Pria di Palembang ditangkap saat berupaya mencuri sepeda motor. Dia mengaku memilih mencuri sepeda motor karena gagal mencuri ayam (Prima Syahbana/detikcom)
Pria di Palembang ditangkap saat berupaya mencuri sepeda motor. Dia mengaku memilih mencuri sepeda motor karena gagal mencuri ayam. (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Yaya (20) ditangkap polisi atas kasus pencurian. Kepada polisi, pria berdomisili di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), ini mengakui pekerjaannya sehari-hari sebagai pencuri alias maling.

"Pemuda yang kita tangkap ini dengan tegas mengaku pekerjaan sehari-harinya memang menjadi pencuri," ujar Kapolsek Ilir Barat I Palembang, Kompol Deni Triana, dalam jumpa pers di kantornya, Senin (22/2/2021).

Deni mengatakan penangkapan Yaya berawal dari laporan seorang karyawati klinik kesehatan, Evi (32). Yaya dipergoki hendak mencuri motor di klinik yang berlokasi di kawasan Macan Lindungan, Ilir Barat I, Palembang.

"Pelaku kita tangkap karena mencoba mencuri motor korban di parkiran klinik tersebut tadi pagi sekitar pukul 07.30 WIB. Namun, belum sempat membawa kabur motor, aksinya dipergoki korban," ucap Deni.

Korban yang saat itu berteriak pun membuat warga di sekitar lokasi mengepung pelaku. Pelaku diketahui hendak dihakimi warga tapi tak lama kemudian pihak kepolisian datang mengamankan pelaku.

"Pelaku awalnya hendak dihakimi warga, beruntung anggota kita dari Tim Buser Reskrim yang dipimpin Kanit Iptu Arlan tengah berpatroli dan langsung mengamankan pelaku tanpa perlawanan," jelas Deni.

Saat rilis kasus, Yaya mengakui dengan tegas bahwa pekerjaannya sehari-hari memang sebagai pencuri.

"Pekerjaan saya memang pencuri. Tapi biasanya saya curi yang kecil-kecil saja seperti ayam, besi, dan lainnya," tegas Yaya.

Yaya juga mengaku, ia nekat mencuri motor korban karena sebelumnya ia barusan gagal mencuri ayam tak jauh dari lokasi kejadian.

"Awalnya saya gagal curi ayam, jadi dengan pura-pura numpang mandi di klinik tersebut saya mencoba mencuri motor milik korban, tapi belum sempat bawa kabur saya ditangkap," kata Yaya.

Pelaku kini ditahan di Mapolsek Ilir Barat I Palembang. Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor beserta kuncinya. Atas perbuatannya tersangka Yaya dijerat Pasal 362 KUHP.

Saksikan juga 'Aksi Emak-emak Pencuri Emas di Tasikmalaya Terekam CCTV':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)