ADVERTISEMENT

Anies soal Potensi Hujan Lebat: Kami Siaga Selama Persiapan Tahun Kemarin

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 15:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Anies Baswedan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

BMKG memprediksi cuaca ekstrem kembali terjadi pada 23-24 Februari 2021. Merespons hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan jajarannya sudah bergerak cepat dan bersiaga sejak tahun lalu.

"Kami sudah bersiaga selama persiapan tahun-tahun kemarin. Indikasinya apa? Indikasinya kecepatan bergerak. Seluruh jajaran langsung bergerak ketika terjadi hujan yang amat keras," kata Anies Baswedan saat meninjau Pintu Air Manggarai di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2021).

Anies mengatakan kesiagaan jajarannya terbukti dari genangan yang surut dalam waktu yang cepat. Dia memastikan Pemprov DKI Jakarta beserta masyarakat lainnya saling bahu-membahu mengatasi bencana.

"Sehingga teman-teman bisa lihat, ketika terjadi hujan dalam waktu relatif singkat, kita bisa bekerja sama-sama seluruh masyarakat seluruh jajaran TNI-Polisi untuk memastikan segera surut, ini Anda bisa saksikan sendiri, kita akan pertahankan 3 prinsip, kita satu siaga 2 tanggap 3 galang kita akan jalankan terus," ujarnya.

Sementara itu, Anies juga melaporkan sejumlah warga masih bertahan di 10 titik pengungsian yang ada di Jakarta Timur. Anies menyebutkan saat ini warga sudah mulai membersihkan rumah tinggalnya.

"Adapun lokasi pengungsian sekarang tinggal 10 dari 44 kemarin, 10 ini masih digunakan seperti juga pengalaman selama ini pengungsi tidak berada di lokasi pengungsian terus menerus, mereka menggunakan sebagai tempat sementara sambil membersihkan rumah. Jadi lokasi-lokasi ini masih dipertahankan sampai mereka benar-benar bisa kembali ke rumahnya masing-masing," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan lebat masih terjadi di wilayah Jabodetabek hingga awal Maret. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat yang diprediksi terjadi pada 23-24 Februari mendatang.

Simak video 'Dear Pak Anies, Cipinang Melayu Banjir Lagi':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT