Titik Banjir di Jabar Pagi Ini, BPBD: Dua Orang Meninggal di Subang

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 10:12 WIB
Warga di lingkungan proyek pembangunan PLTGU Jawa 1 di Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, ikut terdampak banjir. PT Jawa Satu Power pun turun memberikan bantuan.
Banjir di Karawang (Foto: Istimewa)
Bandung -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (BPBD Jabar) merilis sejumlah titik banjir yang menerjang kawasan Bodebek dan Pantura. Data terakhir diperbarui pada 21 Januari 2021 pada pukul 07.00 WIB.

Kabupaten Subang

Banjir di Kabupaten Subang masih meluas, saat ini terdapat 16 kecamatan yang terdampak banjir akibat curah hujan yang tinggi pada pertengahan Februari ini. Dua orang meninggal dunia dalam musibah ini.

16 kecamatan itu meliputi Pamanukan, Ciasem, Blanakan, Sukasari, Legokkulon, Subang, Cibogo, Dawuan, Cipeundeuy, Binong, Purwadadi, Cipunagara, Patokbeusi, Tambakdahan, Pusakanagara, Pusakajaya, Compreng, dan Pagaden.

Ketinggian muka air beragam mulai dari 20 hingga 70 centimeter. Diperkirakan terdapat 1.231 unit rumah, 1.676 hektar sawah dan 1.235 tambak ikan yang terendam banjir. Fasilitas umum seperti 14 musala, 21 sekolah, 4 madrasah dan 2 pondok pesantren pun tak luput dari musibah yang muncul akibat cuaca ekstrem ini.

Kabupaten Karawang

Sementara itu delapan kecamatan di Kabupaten Karawang terdampak banjir, yakni meliputi Kecamatan Ciampel, Karawang Barat, Tegalwaru, Teluk Jambe Timur, Tegalwaru, Pangkalan, Tirtamulya dan Jatisari.

Ketinggian air mencapai 10 - 70 centimeter, yang berdampak terhadap 1.361 jiwa dari 523 KK. Tidak ada korban jiwa dalam bencana di Karawang.

Kendati begitu, dalam bencana ini gedung isolasi pasien di Hotel Grand Kenari, KabupatenKarawang sempat terendam banjir. Namun, Dinas KesehatanKarawang menyatakan bahwa saat ini kondisi di ruang isolasi tersebut telah aman.

Simak video 'Sungai Cipunagara Kembali Meluap, Warga Mengungsi Ketiga Kalinya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3